Garis Keturunan Rasulullah SAW Itu Keluarga Baik dan Berakhlak Terpuji

Minggu, 17 Januari 2021 14:03
Garis Keturunan Rasulullah SAW Itu Keluarga Baik dan Berakhlak Terpuji

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Ustaz Muhammad Fakhri dalam salah satu khutbahnya di Masjid Daarul Abrar Pekanbaru, menegaskan bahwa Rasulullah SAW lahir dari keturunan keluarga yang baik, dan mempunyai akhlak yang terpuji.

Garis keturunan Rasulullah SAW adalah orang-orang yang terhormat dan mempunyai akhlak mulia. Ayah, kakek, dan buyut Rasulullah diakui dan dihormati oleh penduduk Mekkah.

Advertisement

Ayah rasul mempunyai nama Abdullah bin Abdul Muthalib. Dia merupakan seorang yang baik akhlaknya, terpuji sikapnya, dan gagah postur tubuhnya.

Kakek rasul adalah Abdul Muthalib, yang nama aslinya adalah Syaibah bin Hasyim. Abdul Muthalib adalah satu-satunya orang yang berani menyusul pasukan bergajah Abrahah yang ingin menyerang Mekkah dan menghancurkan Ka’bah.

Baca: Mengapa Ustman Bin Affan RA Membakar Mushaf Al-Quran?

Abdul Muthalib menawarkan 100 ekor unta kepada Abrahah agar tak menghancurkan Ka’bah. Namun, karena niat Abrahah sudah bulat, Abrahah menolak pemberian Abdul Muthalib. Dalam perjalanannnya, Abrahah dan pasukan bergajahnya dihancurkan Allah SWT melalui burung Ababil.

BACA JUGA:  Meninggal Sebelum Kenabian, Benarkah Ibu dan Ayah Rasulullah SAW Kafir?

Salah satu jasa Abdul Muthalib adalah menemukan kembali sumur Zam-Zam, yang sudah lama hilang.

Ayah Abdul Muthalib bernama Hasyim, yang nama aslinya adalah Amr bin Abdu Manaf. Hasyim dikenal sebagai orang yang sangat suka menjamu orang-orang yang berkunjung ke Ka’bah.

Sementara itu, disadur dari buku Syaikh Shafiyurrahman al-Mubarakfuri, ar-Rahiq al-Makhtum Sirah Nabawiyah, terbitan Qisthi press, 2018, ahli nasab sepakat membagi nasab Radulullah SAW menjadi tiga bagian. Pertama, adalah nasab dari Muhammad SAW sampai ke Adnan.

Nasabnya adalah Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muthalib. Kakek Rasulullah, Abdul Muthalib nama aslinya adalah Syaibah bin Hasyim. Ayah Syaibah, Hasyim, nama aslinya adalah Amr bin Abdu Manaf. Nama asli Abdu Manaf adalah al-Mughirah bin Qushay.

Qushay sendiri bernama asli Zaid bin Kilab, bin Murrah, bin Ka’ab, bin Lu’ay, bin Ghalib, bin Fihr (yang dijuluki Quraisy, yang menjadi nama kaum di Mekkah), bin Malik, bin Nadhar (yang bernama asli Qais), bin Kinanah, bin Khuzaimah, bin Mudrikah (bernama asli Amir), bin Ilyas, bin Mudhar, bin Nizar, bin Ma’ad, bin Adnan.

BACA JUGA:  Hal-hal Berikut Telah Allah Jamin Hambanya Tak Akan Merugi

Kemudian, nasab kedua yang bermula dari Adnan sampai ke Ibrahim as. Namun, ahli sejarah dan ahli nasab masih silang pendapat soal nasab kedua ini. Ada juga ahli nasab yang memilih tak membahasnya. Bahkan, sampai ada 30 macam pendapat dalam menentukan garis nasab kedua Rasulullah SAW ini. Hanya saja, semua sepakat bahwa Adnan adalah keturunan Ismail as.

Kebanyakan ahli nasab berpendapat nasab Adnan bermula dari Adnan bin Hanaisa’, bin Salaman, bin Aus, bin Bauz, bin Qumwal, bin Ubay, bin Awwam, bin Nasyid, bin Haza, bin Baldas, bin Yadhaf, bin Thabikh, bin Jahim, bin Nahisy, bin Makhi, bin Aidh, bin Abqar, bin Ubaid, bin Da’a, bin Hamdan, bin Sinbar, bin Yastrib, bin Yahzan, bin Yalhan, bin Ar’awi, bin Aidh, bin Daisyan, bin Aishar, bin Afnad, bin Aiham, bin Muqshir, bin Nahits, bin Zarih, bin Sumay, bin Muzay, bin Iwadhah, bin Iram, bin Qaidar, bin Ismail as, bin Ibrahim as.

BACA JUGA:  Sejarah Kebudayaan Islam: Nasab dan Keluarga Rasulullah SAW

Terakhir, ada nasab ketiga, yang bermula dari Ibahim as sampai ke Adam as. Nasab ini bermula dari Ibrahim as, bin Tarah (nama aslinya Azar), bin Nahur, bin Saru’, bin Ra’u, bin Falakh, bin Aibar, bin Syalakh, bin Arfakhsyad, bin Sam, bin Nuh as, bin Lamk, bin Matusyalakh, bin Akhnukh (Idris as), bin Yard, bin Mahla’il, bin Qainan, bin Anusy, bin Syits, bin Adam as. (bpc4)

Berita Terkini

Senin, 08 Maret 2021 05:00

Catatan Sejarah 8 Maret: Saat Belanda Bertekuk Lutut Kepada Jepang

Tak punya pilihan lain, Tjarda dan Ter Poorten memilih menyerah tanpa syarat

Minggu, 07 Maret 2021 23:05

The Magic of Thinking Success, Terjual Lebih Dari 30 Juta Eksemplar

Buku Laris Internasional, Sangat Rekomendasi

Minggu, 07 Maret 2021 17:38

Kasus Mafia Vaksin Covid-19 Palsu Dunia Terbongkar

Polisi menangkap empat tersangka.

Minggu, 07 Maret 2021 16:30

KPAI Sebut Banyak Siswa Putus Sekolah Akibat Pandemi Covid-19

“Secara data KPAI ada dua siswa yang meninggal selama semester genap tahun ajaran 2020/2021.”

Minggu, 07 Maret 2021 15:34

113 Izin Alih Fungsi Blok Rokan Dikebut Jelang Agustus 2021

Jelang alih kelola Blok Rokan

Minggu, 07 Maret 2021 15:03

The Magic of Thinking Big, Buku Terbaik Sepanjang Masa

Buku Terbaik Sepanjang Masa, Rekomendasi

Minggu, 07 Maret 2021 14:53

Noto Soeroto, Anomali Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Dalam konsep pikiran Noto, yang harus dicapai adalah Kerajaan Belanda Raya, dengan negara induk (Belanda) dan koloni-koloninya membentuk politik kolonial ideal

Minggu, 07 Maret 2021 14:32

BSI Dorong UMKM di Riau Melek QRIS, Transaksi Digital Bakal Jadi Gaya Hidup

Transaksi digital dengan QRIS

Minggu, 07 Maret 2021 12:30

Pandangan Rocky Gerung Bagaimana Elektabilitas AHY Bangkit Usai ‘Kudeta’

“Saya kira justru itu akan menaikkan simpati pada AHY.”