Dua Unsur yang Selalu Berperang, Iman dan Hawa Nafsu

Minggu, 31 Mei 2020 12:12
Dua Unsur yang Selalu Berperang, Iman dan Hawa Nafsu

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Dalam setiap diri manusia, ada dua unsur yang selalu berperang dan saling mempengaruhi satu dan lainnya. Dua unsur itu adalah iman dan hawa nafsu.

Iman akan selalu membawa manusia untuk mengerjakan kebaikan dan amal soleh. Sebaliknya, nafsu selalu membawa manusia untuk hidup bergelimang kemaksiatan dan perbuatan jahat.

Advertisement

Beruntunglah bagi manusia yang selalu menjaga keimanannya, sehingga bisa terhindari dari perbuatan buruk dan tercela. Manusia ini bisa mengendalikan hawa nafsu dengan keimanannya, sehingga terhindarlah dia dari siksa api neraka.

Celakalah orang yang tak mampu menundukkan hawa nafsunya. Dia mengikuti semua kehendak nafsunya, sehingga terjadilah perbuatan tercela, saling dengki, saling menyakiti, bahkan saling membunuh.

Baca: Pandemi Corona, Muslim di Belgia Hadapi Ramadhan Dalam Sepi

“Maka, perkuatlah keimanan kita, dan tundukkanlah hawa nafsu. Dengan Bulan Ramadhan ini, selayaknya menjadikan kita semakin baik dalam mengalahkan hawa nafsu,” ujar Ustaz Mustafha Umar dalam khutbah jumatnya di Masjid Daarul Abrar, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru.

Dilanjut Ustaz Mustafha Umar, induk dari semua kebaikan adalah kejujuran. Dan induk dari semua kejahatan adalah kebohongan.

“Selalulah berkata jujur, dan jauhilah kebohongan,” pungkas dia. (bpc2)

Artikel ini adalah isi khutbah jumat di Masjid Daarul Abrar Pekanbaru, Jumat 17 Mei 2019