2 Tahun Memimpin, Seluruh Rakyatnya Sejahtera, Siapa Dia?

Jumat, 26 Juni 2020 11:31
2 Tahun Memimpin, Seluruh Rakyatnya Sejahtera, Siapa Dia?
Foto: Ilustrasi, net

BERTUAHPOS.COM — Dialah Umar Bin Abdul Aziz (717-720 Masehi), seorang pemimpin yang mampu membuat seluruh rakyatnya sejahtera. Bahkan mencari orang miskin untuk diberikan zakat tidak ditemukan lagi di wilayah pimpinannya.

Dia juga dijuluki Umar II. Lahir dari pasangan Abdul Aziz, merupakan putra Khalifah Marwan Bin al-Hakam yang merupakan sepupu dari Khalifah Utsman Bin Affan. Ibunya bernama Laila yang merupakan cucu Khalifah Umar Bin Khattab.

Umar Bin Abdul Aziz berkuasa atau menjadi pemimpin selama 2 tahun 136 hari, namun mampu membuat seluruh rakyatnya sejahtera. Afrika yang kini dikenal dengan negara miskin, pada masa itu, Yahya Bin Said yang merupakan amil, tidak menemukan orang miskin untuk pendistribusian zakat.

Karena tidak menemukan orang miskin, Yahya Bin Said akhirnya memerdekakan budak. Tidak hanya di Afrika, seluruh daerah kekuasaan Islam ketika itu rakyatnya merasakan kesejahteraan.

Baca: Apakah Berpuasa di Hari Sabtu Dilarang?

Bahkan di Irak, memerintahkan Hamid Bin Abdurrahman, Gubernur Irak, untuk membayarkan semua gaji dan hak rutin di provinsi tersebut. Namun tetap saja uang di Baitul Mal masih banyak.

Kemudian, dia memerintahkan lagi untuk melunasi utang dari orang-orang yang tidak boros. Namun tetap saja uang di Baitul Mal masih sangat banyak. Pengelolaan Baitul Mal ini memang pertama kali dilaksanakan pada zaman Umar Bin Khattab. Berkat tangan dingin Umar Bin Abdul Aziz seluruh rakyatnya merasakan kesejahteraan yang berlimpah. (bpc3)

Cerita ini ditampilkan dalam bentuk infografis di akun Instagram @literasizakatwakaf