Virus Corona Ditemukan di Gagang Pintu Rumah

Selasa, 04 Februari 2020 08:25
Virus Corona Ditemukan di Gagang Pintu Rumah
Ilustrasi membuka pintu – (Foto: thinkstock)

 

BERTUAHPOS.COM – Baru-baru ini para ilmuan di Guangzhou China selatan, mendeteksi asam nukleat dari coronavirus baru (2019-nCoV) pada gagang pintu.

Advertisement

Minggu lalu, para ilmuan di Guangzhou China selatan, mendeteksi asam nukleat dari coronavirus baru (2019-nCoV) pada gagang pintu di rumah seorang pasien yang didiagnosis menderita penyakit ini.

Hal ini diungkapkan oleh seorang pejabat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Guangzhou, ibukota Provinsi Guangdong.

Baca: Orang-orang di China Keluar Rumah untuk Berwisata, Tembok China Sudah Dibuka

Zhang Zhoubin, wakil direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Guangzhou mengatakan bahwa area lain yang rentan terhadap kontaminasi termasuk ponsel, keyboard, dan gagang keran.

Dia mengatakan, dengan munculnya kasus yang dikonfirmasi dan diduga di Guangzhou, laboratorium Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Guangzhou telah menerima lebih dari 600 sampel biologis per hari.

“Kami menerima 660 sampel pada 2 Februari, yang mencapai batas kami,” kata Zhang, seperti dikutip dari laman news.cgtn, Senin 3 Februari 2020.

Saking banyaknya sample yang diterima, pihaknya harus meminta bantuan dari organisasi pengujian pihak ketiga dan laboratorium rumah sakit jika jumlah sampel terus meningkat.

Selain sampel biologis dari pasien yang dikonfirmasi dan diduga, pusat juga akan menguji pasien yang dikonfirmasi berdasarkan penyelidikan epidemiologis, misalnya, gagang pintu, ponsel, keyboard pasien juga akan diuji.

Untuk diketahui, hingga saat ini, data global akibat kasus ini sebanyak 14.557 kasus dengan kasus baru kemarin mencapai 2.604 kasus.

Dimana dari 14.557 ribu itu 9 ribu di Hubei dan 146 kasus di luar China yang tersebar di 23 negara dengan 1 kematian di luar China, yakni Filipina. Sedangkan korban yang tewas akibat virus ini sebanyak 304. (bpc3)