Puluhan Awak Kapal Induk AS Positif Corona

Rabu, 01 April 2020 15:33
Puluhan Awak Kapal Induk AS Positif Corona

BERTUAHPOS.COM – Komandan Kapal Induk Angkatan Laut AS, USS Theodore Roosevelt — tempat virus corona telah menyebar ke setidaknya 70 awak — telah memperingatkan kepemimpinan Angkatan Laut bahwa tindakan tegas diperlukan untuk menyelamatkan nyawa awak kapal.

“Kita tidak berperang. Para pelaut tidak perlu mati. Jika kita tidak bertindak sekarang, kita gagal merawat dengan baik aset kita yang paling terpercaya – pelaut kita,” Kapten Brett Crozier menulis dalam memo ke Armada Pasifik Angkatan Laut. 

Advertisement

Tiga pejabat pertahanan AS telah mengonfirmasi surat itu pada CNN, Rabu, 01 April 2020. “Penyebaran penyakit ini sedang berlangsung dan semakin cepat,” katanya seperti dikutip dari bisnis.com.

“Diperlukan tindakan tegas. Menghapus sebagian besar personel dari kapal induk nuklir AS yang dikerahkan dan mengisolasi mereka selama dua minggu mungkin tampak seperti tindakan luar biasa,” tulisnya dalam memo itu.

Baca: Bercucuran Air Mata, Gubernur Beirut: Kami Kuat

San Francisco Chronicle pertama kali melaporkan permintaan bantuan komandan itu. Komandan Armada Pasifik AS menolak untuk mengatakan berapa banyak pelaut di atas kapal induk bertenaga nuklir itu terbukti positif terkena virus corona SARS-CoV-2, tetapi mengatakan bahwa tidak ada yang dirawat di rumah sakit.

“Apa yang akan saya katakan adalah saya tidak punya pelaut yang dirawat di rumah sakit, saya tidak punya pelaut dengan ventilator, saya tidak punya pelaut dalam kondisi kritis, tidak ada pelaut dalam status ICU di Theodore Roosevelt,” ujar Laksamana John Aquilino kepada wartawan.

Ditanya tentang surat Crozier, Aquilino berkata, “Kami menyambut umpan balik. … Kami ingin memastikan bahwa kami benar-benar memahami apa yang dibutuhkan oleh pemimpin di lapangan.”

“Kami memiliki tujuan yang sama dan saya benar-benar berusaha mewujudkannya lebih cepat tetapi ada beberapa kendala yang kami alami,” kata Aquilino, yang mengatakan bahwa kapten kapal ingin tindakan yang lebih cepat daripada apa yang saat ini diambil.

Salah satu masalah menunda proses adalah kurangnya kapasitas untuk menampung, mengisolasi dan karantina pelaut di Guam di mana kapal saat ini berlabuh.

“Perwira komandan Theodore Roosevelt memperingatkan kepemimpinan di Armada Pasifik pada Minggu malam tentang berlanjutnya tantangan dalam mengisolasi virus,” kata seorang pejabat Angkatan Laut AS kepada CNN.

“Komandan kapal menganjurkan untuk menampung lebih banyak awak di fasilitas yang memungkinkan isolasi yang lebih baik,” pejabat itu menambahkan.

Seorang pejabat Angkatan Laut kedua mengatakan bahwa jumlah kasus virus SARS-CoV-2 di kapal induk telah melampaui 70 pada hari Selasa (31/3/2020) pagi, seraya menambahkan bahwa Angkatan Laut memperkirakan angka itu meningkat.

Wabah tampaknya meningkat dengan cepat. Seminggu yang lalu Pentagon mengonfirmasi tiga pelaut di Roosevelt telah dites positif dan jumlah itu meningkat menjadi 25 dua hari kemudian.

Sejak itu jumlah kasus hampir tiga kali lipat. Pada hari Senin (1/4/2020), seorang pejabat pertahanan AS mengatakan kepada CNN bahwa kapal induk AS kedua, USS Ronald Reagan, juga menghadapi “sedikit” kasus positif. (bpc3)

Berita Terkini

Selasa, 26 Januari 2021 21:03

Bikin Urut Dada, Karena Sakit, Ibu dan 2 Anaknya Makan Nasi dengan Kecap

#Kemanusiaan #RumahYatim #Riau

Selasa, 26 Januari 2021 19:17

9 Orang di Riau Dilaporkan Meninggal Akibat Corona Hari Ini

#Covid #Riau #KasusTerkonformasi

Selasa, 26 Januari 2021 18:35

Dirut BPJS Ketenagakerjaan Diperiksa Terkait Dugaan Korupsi Dana Investasi

#BPJSKetenagakerjaan #Investasi #Kejagung

Selasa, 26 Januari 2021 18:08

GPMP Peduli Keadilan Desak Kejati Usut Dugaan Korupsi Gubernur Syamsuar

#KejatiRiau #Demonstrasi #DugaanKorupsi

Selasa, 26 Januari 2021 17:34

Kemenkes Tegaskan Vaksin Covid-19 Bukan untuk Bisnis

#VaksinCovid #VaksinCorona

Selasa, 26 Januari 2021 17:30

DPRD Provinsi Riau Wacaranakan Revisi Perda RTRW Tahun Ini

#PerdaRTRW #RTRWRiau #regional

Selasa, 26 Januari 2021 16:21

Istilah Baru Draf RUU: Pemilu Nasional dan Pemilu Daerah

#PEMILU