Panda Terancam Virus Mematikan

Sabtu, 17 Januari 2015 12:33
BERTUAHPOS.COM, TIONGKOK – Virus Canie Distemper, sejenis virus yang mematikan telah merenggut nyawa dua ekor panda di Tiongkok. Sementara itu, masih ada tiga panda yang sedang kritis dan berada dalam perawatan intensif.
 
Sebagaimana informasi yang dilansir dari CNN, Jumat (16/1/2015), tim perawat telah melakukan beragam cara untuk melawan virus tersebut. Namun hingga saat ini, belum ada peralatan yang memadai untuk merawat dan menyembuhkan panda-panda tersebut.
 
“Keadaan ini Sangat, karena tidak ada perusahaan atau institusi penelitian yang memproduksi vaksin yang didesain khusus untuk panda raksasa,” ujar seorang profesor dari Veterinary Medicine di China Agriculture University, Jin Yipeng. 
 
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Pusat Penangkaran dan Penyelamatan Satwa Liar di Provinsi Shannxi, Tiongkok, virus ini sangat berbahaya bagi panda. Virus ini dapat membunuh 80 persen panda yang terinfeksi.
 
Pemerintah Tiongkok telah mengerahkan segala upaya untuk menyelamatkan panda raksasa ini. Spesies yang dianggap sebagai harta pusaka negara ini sekarang terancam punah. (vany)