MUI Sebut Belum Ada Bahas Soal Fatwa Mudik

Jumat, 03 April 2020 11:34

BERTUAHPOS.COM – Majlis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan setakat ini belum ada rencana untuk membahas mengenai fatwa mudik lebaran. Walaupun pemerintah secara terang-terangan telah mengeluarkan himbauan terkait itu, untuk pencegahan penyebaran wabah Covid-19.

Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh menjelaskan bahwa Fatwa nomor 14 Tahun 2020 bukan berisi soal larangan mudik bagi umat Islam, tetapi ihwal Penyelenggaraan Ibadah Dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19.

Fatwa itu salah satunya mengatur tentang Salat Jumat yang diperbolehkan diganti dengan Salat Zuhur dan dilakukan di kediaman masing-masing untuk menghindari penyebaran virus Corona atau Covid-19.

“Jadi pada intinya, belum ada itu fatwa soal mudik, apalagi fatwa haram mudik. Kami juga belum ada rencana pembahasan fatwa terkait mudik,” tutur Niam kepada Bisnis, Jumat, 03 April 2020, seperti dikutip dari bisnis.com.

Baca: Corona Rugikan Ekonomi China 62 Miliar Dolar

Niam menjelaskan bahwa pada poin ke-3 huruf (a) pada Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020, disebutkan seseorang boleh meninggalkan salah berjamaah di masjid atau tempat umum lainnya, jika pihak yang berwenang menetapkan kawasan tersebut sangat tinggi penularan virus Coronanya.

Sebaliknya, pada poin ke-3 huruf (b), Fatwa MUI itu menyebutkan jika penyebaran virus Corona rendah di suatu kawasan, maka seorang Muslim wajib menjalankan ibadah seperti biasanya, tetapi tetap menjaga diri agar tidak terpapar virus Corona dan tidak melakukan kontak fisik.

“Jadi Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 itu fokus tentang penyelenggaraan ibadah, bukan soal fatwa mudik,” kata Niam. (bpc3)

Berita Terkini

Minggu, 07 Juni 2020 16:00

Inilah Cerita Film Godzilla, Bioskop Spesial Trans TV Malam ini

GODZILLA, BERTUAHPOS.COM – Tahukah Anda, cerita film Godzilla ini berkisah tentang sebuah kapal nelayan Jepang yang sedang berlayar dan secara tiba-tiba diserang makhluk raksasa yang…

Minggu, 07 Juni 2020 12:25

Mekkah Terlarang Dimasuki Non Muslim?

#ISLAMPEDIA

Minggu, 07 Juni 2020 10:26

Mengapa Hutan Bakau Sangat Penting?

#LINGKUNGAN

Minggu, 07 Juni 2020 09:21

Singkirkan Sejenak Gadget, Bukalah Buku

#MEMBACA