Menjelang Asyura, 30 orang tewas di Baghdad

Senin, 03 November 2014 07:13
Menjelang Asyura, 30 orang tewas di Baghdad

BERTUAHPOS.COM, Serangkaian bom di ibukota Irak, Baghdad, menewaskan sekitar 30 jemaah menjelang perayaan Asyurasementara sejumlah lainnya luka-luka.

Salah satu ledakan -yang disebutkan berasal dari bom mobil- menewaskan sedikitnya 14 orang yang sedang berkumpul di sebuah tenda tempat pembagian teh dan air di kawasan Al-Ilam, Minggu 2 November.

Advertisement

Bom lainnya meledak pada malam hari di wilayah Sadr City dengan korban jiwa sedikitnya sembilan orang dan 19 lainnya cedera.

Perayaan Asyura yang dilakukan umat Syiah selama beberapa tahun belakangan selalu menjadi sasaran serangan militan Suni.

Baca: Diserang ‘DDoS’? Aplikasi Facebook Down

Sebelumnya sebuah bom mobil menyerang pos pemeriksaan polisi di pusat kota dan menewaskan lima orang sedangkan di kawasan barat Baghdad sebuah bom membunuh seorang dan melukai belasan lainnya.

Ratusan ribu umat Syiah akan mengunjungi tempat suci di Kerbala -di sebelah barat daya Baghdad- untuk perayaan Asyura guna mengenang kematian cucu Nabi Muhammad, Imam Hussein Ali, yang merupakan salah seorang pemimpin penting umat Islam Syiah.

Keamanan sudah ditingkatkan untuk menghadapi perayaan Asyura.

Namun perayaan Asyura tahun ini -yang akan mencapai puncak pada Selasa 4 November- tampaknya menghadapi risiko keamanan yang lebih tinggi karena kelompok militan yang menamakan dirinya Negara Islam menguasai sebagian kawasan di Irak.

Militan Negara Islam yang beraliran Sunni menganggap uamt Syiah melakukan ajaran yang sesat.

Dan keamanan pada masa perayaan Ashura ini menjadi salah satu ujian bagi pemerintah pimpinan Perdana Menteri baru Haidar al-Abadi maupun aparat keamanan Irak setelah ditinggal pasukan koalisi.

Pekan lalu, dua bom di ibukota Baghdad menewaskan sedikitnya 34 orang dan penyerangnya diduga adalah militan Negara Islam.(BBC)