Korut Sebut Korsel “Musuh”, Bahkan Komunikasi Antar Pimpinan “Diputus”

Selasa, 09 Juni 2020 12:27
Korut Sebut Korsel “Musuh”, Bahkan Komunikasi Antar Pimpinan “Diputus”

BERTUAHPOS.COM — Hubungan antar Korea Utara dan Korea Selatan lagi tidak baik-baik saja. Korea Utara mengatakan akan memutus semua sambungan telekomunikasi mereka dengan Korea Selatan termasuk sambungan telepon hotline antar pimpinan kedua negara itu.

BBC melaporkan, bahwa Korea Utara menyadari tindakan ini kali pertama dari serangkaian aksi terhadap Korea Selatan yang dicap sebagai “musuh”. Menutup semua saluran telekomunikasi ke negara itu akan dilakukan mulai hari ini, Selasa, 09 Juni 2020.

Advertisement

Kantor berita Korean Central News Agency (KCNA) menuliskan, bahwa setiap hari, panggilan telepon dilakukan dari Korea Selatan ke kantor penghubung di kota perbatasan Korea Utara, Kaesong. Kedua negara mendirikan kantor itu untuk mengurangi ketegangan, menyusul konferensi tingkat tinggi pada 2018.

Korea Utara akan sepenuhnya memutus dan menutup jalur penghubung antara pihak berwenang Korea Utara dan Selatan, yang telah dipelihara melalui kantor penghubung bersama Utara-Selatan, mulai pukul 12:00 pada 9 Juni 2020. Jalur komunikasi militer juga akan ditutup. (bpc3)

Baca: Tudingan Donald Trump Coronavirus Buatan China Dibantah WHO, Apa Kebenarannya?