Kathmandu Meluncurkan Minibus Khusus Wanita Untuk Mencegah Pelecehan

Selasa, 06 Januari 2015 15:04
Kathmandu Meluncurkan Minibus Khusus Wanita Untuk Mencegah Pelecehan

BERTUAHPOS,KATHMANDU – Sebuah mini bus khusus wanita telah diperkenalkan guna untuk mengatasi masalah pelecehan seksual yang terjadi di bus. Mini bus itu sendiri telah mulai dioperasikan di Kathmandu, ibukota Nepal.

Minibus yang terdiri dari 17 tempat duduk tersebut mulai beroperasi pada Minggu (4/1/2015) waktu setempat di Kathmandu. Semua badan minibus dipasang sebuah tulisan “khusus wanita”. Bus ini akan beroperasi pada waktu-waktu penting di Kathmandu selama jam kerja pagi dan malam hari.

Advertisement

Bharat Nepal, presiden Serikat Transportasi Federasi Bagmati, yang merekomendasikan layanan mini bus khusus wanita tersebut mengungkapkan bahwa pelecehan dan serangan seksual merupakan masalah lama yang menimpa kaum wanita dalam menggunakan sarana transportasi umum, khususnya pada jam kerja ketika bus penuh dan sesak.

“Saat ini hanya satu bus yang memiliki kondektur wanita. Namun tujuan akhirnya nanti adalah untuk mempekerjakan seluruh kru wanita.” ujarnya seperti dilansir oleh BBC, Senin (5/1/2015).

Baca: Korut Sebut Korsel “Musuh”, Bahkan Komunikasi Antar Pimpinan “Diputus”

Memurut Survey Bank Dunia, sebagian wanita muda di Nepal pernah menjadi korban pelecehan seksual ketika menggunakan transportasi umum.(vany)