Kapal Perusak Tabrak Kapal Dagang, 7 Marinir Amerika Hilang

Sabtu, 17 Juni 2017 20:44

BERTUAHPOS.COM (BPC), YOKOSUKA – Kecelakaan laut terjadi di perairan dekat Yokosuka, Jepang. Kapal perusak milik Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat (AS) bertabrakan dengan kapal dagang. Akibat itu tujuh marinir hilang, dan beberapa mengalami luka-luka.

Kapal perusak itu mengalami kerusakan di sisi kanan kapal. Sedang kapal dagang  berbendera Filipina tidak mengalami kerusakan berarti. Kapal dagang ini meneruskan pelayarannya menuju pelabuhan yang dituju.

Peristiwa itu terjadi di perairan dekat Yokosuka, Jepang. Angkatan laut Amerika Serikat mengumumkan, bahwa peristiwa itu terjadi Sabtu (17/6/2017) sekitar pukul 02.30 waktu setempat.
Pengumuman itu tak merinci korban yang ada. Namaun coast guard Jepang menyebut, bahwa dalam peristiwa itu terdapat tujuh pelaut AS hilang.
 
Dalam pernyataannya, Angkatan Laut Amerika Serikat menyatakan, kapal perusak yang mengalami tabrakan itu adalah USS Fitzgerald.
 
“Kapal USS Fitzgerald bertabrakan dengan kapal barang pukul 02.30 waktu setempat. Lokasinya 56 mil laut sebelah barat daya Yokosuka. Satu marinir luka-luka dan akan dievakuasi helikopter coast guard Jepang,” bunyi pernyataan itu yang dilaporkan Reuters, Sabtu (17/6/2017).
 
Coast guard Jepang menyebut, bahwa dalam kecelakaan itu USS Fitzgerald mengalami kebocoran. Namun kondisinya aman, tidak terancam tenggelam. Sedang kapal barang yang ditabraknya tetap dapat berlayar.
 
Angkatan Laut Amerika Serikat juga menyebut, kerusakan terjadi di sisi kanan kapal pada bagian atas dan bawah. USS Fitzgerald masih dapat dioperasionalkan tanpa bantuan kendati mesin penggeraknya terbatas.
 
Tentang adanya sejumlah marinir yang hilang dan terluka belum bisa dikonfirmasi. Juru bicara armada laut ketujuh Amerika hanya menyebut, kapal itu sedang dalam perjalanan kembali ke Yokosuka dengan kecepatan 3 knot.

Dalam rencana pelayarannya, kapal ini diperkirakan bersandar dalam hitungan jam. Tapi terjadi insiden itu. Untuk membantu USS Fitzgerald, kapal USS Dewey dan dua tugboat dikerahkan Angkatan Laut Amerika.

Baca: Bupati Inhil Resmikan SMKN dan DMIJ Kemuning

Yokosuka yang berada di Teluk Tokyo itu adalah jalur padat. Banyak dilalui kapal barang menuju Jepang. Sebab dua pelabuhan besar Tokyo dan Yokohama ada di perairan ini. jss

Berita Terkini

Rabu, 27 Mei 2020 07:07

Kim Divonis 4 Bulan Penjara Karena Langgar Aturan Karantina

#COVID-19 #INTERNASIONAL

Selasa, 26 Mei 2020 20:05

Yuk Buat Kue Ongol-ongol untuk Lebaran, Ini Resepnya

RESEP MASAK

Selasa, 26 Mei 2020 20:03

Pasca Libur Idul Fitri, Sekda Sidak Absensi ASN, Ini Hasilnya

BERTUAHPOS.COM, RENGAT – Hari ini merupakan hari pertama bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk masuk ngantor usai libur hari raya idul fitri 1440 Hijirah….

Selasa, 26 Mei 2020 17:55

3 Daerah di Riau Diusulkan Jadi Pilot Project New Normal

#NEWNORMAL #COVID-19

Selasa, 26 Mei 2020 15:38

Penggunaan Anggaran COVID-19 Perlu Diawasi Ketat

#REGIONAL

Selasa, 26 Mei 2020 15:18

Kemenag Tunda Pengumuman Keberangkatan Jemaah Haji 1 Juni Nanti

#ISLAMPEDIA #HAJI