Inggris Lancarkan Serangan Drone Pertamanya ke Basis ISIS di Irak

Selasa, 11 November 2014 07:23
Inggris Lancarkan Serangan Drone Pertamanya ke Basis ISIS di Irak

BERTUAHPOS.COM, BAGHDAD – Inggris baru saja melancarkan serangan pertamanya ke basis pertahanan Islamic State of Iraq and Syuriah (ISIS). Sebuah drone, pesawat tanpa awak, membombardir salah satu pusat logistik persenjataan milik kelompok militan itu.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (11/11/2014), parlemen Inggris memberikan persetujuan untuk dilakukannya serangan udara ke wilayah Iraq pada bulan September silam. Pihak Kementerian Pertahanan Inggris menyatakan Reaper drone telah mengambil bagian dalam rangkaian misi serangan yang dilakukan di Bayji, Bagdhad sebelah utara.

Advertisement

Itu merupakan serangan pertama yang dilakukan drone asal Inggris. Sebelumnya drone tersebut disebutkan hanya ditugaskan untuk membawa sejumlah informasi intelijen yang berguna bagi koalisi anti ISIS yang dipimpin oleh AS dan beranggotakan sejumlah negara-negara Arab.

ISIS sejak Juni tahun ini telah menguasai sebagian wilayah utara Irak dan Suriah. Kelompok ini lantas mendeklarasikan diri sebagai kalifah dengan mengontrol wilayah kedua negara itu sekaligus.

Baca: India Catat Lonjakan Tertinggi Positif Harian Covid-19

Koalisi yang dipimpin AS mulai memerangi ISIS secara frontal. Dan pada akhir pekan kemarin sedikitnya 23 serangan udara di Suriah dan 18 di Irak diluncurkan.(Detiknews)