Digempur Militer AS, Tokoh Senior ISIS Tewas di Irak

Jumat, 21 November 2014 09:34
Digempur Militer AS, Tokoh Senior ISIS Tewas di Irak

BERTUAHPOS.COM, BAGHDAD – Seorang tokoh senior militan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) dilaporkan tewas. Tokoh penting ISIS ini tewas akibat serangan udara di wilayah Mosul, Irak.

Radwan Taleb al-Hamdouni yang disebut sebagai pemimpin radikal ISIS untuk wilayah Mosul dilaporkan tewas bersama sopirnya ketika mobil yang mereka tumpangi terkena serangan udara pada Rabu (19/11) sore waktu setempat.

Advertisement

Militan ISIS hingga kini masih menguasai sebagian besar wilayah Irak bagian utara, meskipun terus mendapat gempuran dari militer Irak yang dibantu serangan udara militer Amerika Serikat dan pasukan koalisi.

Disampaikan sumber medis setempat seperti dilansir Reuters, Jumat (21/11/2014), jasad Hamdouni telah dikuburkan pada Rabu (19/11) malam. Sejumlah besar pendukungnya, beberapa dilaporkan membawa bendera ISIS, berbondong-bondong menghadiri pemakaman Hamdouni.

Baca: Bendungan Ambruk, 130.000 Orang Dievakuasi

Secara terpisah, dua pejabat AS yang dikonfirmasi soal kematian Hamdouni mengakui belum bisa memastikan kebenaran kabar tersebut.

Selama ini, Hamdouni dikenal sebagai ‘wali’ atau ‘gubernur’ Mosul bagi ISIS. Kota terbesar kedua di Irak tersebut berhasil dikuasai ISIS semenjak Juni lalu.

Akhir-akhir ini, militer Irak bersama pasukan Kurdi dan serangan udara AS difokuskan di kota Mosul, karena kota tersebut tergolong kota besar dan status simbolisnya bagi ISIS terutama setelah pemimpin ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi memberi khotbah di salah satu masjid di Mosul pada Juli lalu.(Detik)
Â