Bubuk Mesiu Meledak, 9 Orang Tewas, 6 Terluka

Senin, 03 April 2017 08:40
Bubuk Mesiu Meledak, 9 Orang Tewas, 6 Terluka

BERTUAHPOS.COM (BPC)- Ledakan hebat terjadi di Provinsi Shanxi, China. Akibat ledakan itu sejumlah bangunan ambruk dan mengubur penghuninya. Sedikitnya sembilan orang tewas, dan melukai enam lainnya.

Menurut Kantor Berita Xinhua, ledakan itu terjadi di gedung perumahan. Itu diduga berasal dari bubuk mesiu, bahan peledak yang disimpan secara ilegal.

Laporan Reuters, Minggu (2/4/2017) menyebut, ledakan yang terjadi pada Sabtu, 1 April itu mengakibatkan sejumlah bangunan ambruk dan mengubur penghuninya. Korban ditemukan di bawah puing-puing reruntuhan. Upaya pencarian korban terpaksa tertunda akibat gedung-gedung yang rawan runtuh.

Peristiwa ledakan yang berasal dari bubuk mesiu itu bukan kali pertama terjadi di China. Negeri Panda ini punya rekor buruk terkait bahan peledak di daerah pemukiman.

Baca: Tergencet Nonton Bola, 17 Orang Tewas Terinjak

Pada Oktober tahun 2016, 14 orang tewas di Provinsi Shanxi setelah ledakan dahsyat. Dalam peristiwa itu, itu satu blok perumahan siap pakai luluh-lantak.

Provinsi Shanxi merupakan daerah penambangan batu bara. Bahan peledak sering digunakan untuk penambangan. Kini pemerintah setempat melakukan penyelidikan terhadap pembuatan dan penyimpanan bahan peledak. jss