Bill Gates Kembali Jadi Orang Terkaya di Dunia

Selasa, 21 Maret 2017 09:28
Bill Gates Kembali Jadi Orang Terkaya di Dunia

BERTUAHPOS.COM (BPC) – Kembali Bill Gates menduduki posisi sebagai orang terkaya di dunia. Posisi ini sudah dipegangnya selama empat tahun berturut-turut. Majalah Forbes merilis itu, Selasa (20/3/2017). Majalah ini memampang daftar orang terkaya dunia tahun 2017. Kekayaan pendiri Microsoft itu mencapai US$ 86 miliar atau Rp 1.103 triliun.

Baca: Rima Khalaf Pilih Mengundurkan Diri, Daripada Cabut Laporan Tentang Israel

Advertisement

Orang terkaya dunia tahun ini didominasi warga Amerika Serikat. Sebab orang terkaya kedua adalah pemilik Berkshire Hathaway, Warren Buffett. Dia punya harta sebanyak US$ 75,6 miliar (Rp 1.005 triliun).
Setelah itu kemudian disusul pendiri Amazon, Jeff Bezos, pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, dan pendiri Oracle, Larry Ellison, yang masuk di urutan kelima dan ketujuh.

Baca: Ini Dampak Naiknya Suku Bunga Amerika bagi Asia

Baca: Juarai MotoGP Misano, Dovi Rebut Posisi Kedua Klasemen dari Rossi

Menurut AFP, Selasa (21/3/2017), jumlah miliuner dunia mengalami kenaikan 13% ketimbang tahun lalu. Sekarang orang kaya itu meningkat menjadi 2.043 orang.Â

Dari sekian banyak orang kaya itu, miliuner terbanyak justru dikuasai Amerika Serikat. Mereka yang berasal dari negeri itu tercatat 565 orang. Dan yang menarik, harta mereka rata-rata naik tinggi setelah Donald Trump menjadi Presiden Amerika Serikat.

Baca: Bunga Teratai Raksasa Akan ‘Tumbuh’ Megah di Kota Ini

Selain Amerika Serikat, negara kedua yang banyak melahirkan orang kaya adalah China, dengan jumlah miliuner 319 orang. Setelah itu diikuti Jerman dengan jumlah orang terkaya sebanyak 114 orang.

Untuk Donald Trump yang pernah masuk urutan 220 orang terkaya dunia, kini posisinya melorot ke urutan 544 dengan harta US$ 3,5 miliar. Kata Forbes, itu karena harga properti di Manhattan.

“Sebanyak 40% kekayaan Trump berasal dari Trump Tower dan delapan building di radius 1,6 kilometer di sekitarnya. Akhir-akhir ini, daerah itu sedang bermasalah.”Â

Baca: Patung Firaun ‘Nenek Moyang Agung’ Ditemukan

Sedang miliuner lain yang masuk dalam 10 besar adalah Amancio Ortega pemilik merek Zara dari Spanyol di posisi keempat, Carlos Slim di urutan keenam, dan dua bersaudara Koch, Charles dan David di urutan kedelapan dan kesembilan.
 
Sedang Walikota New York yang menjadi pendiri Bloomberg News, Michael Bloomberg berada di urutan kesepuluh. (jss)