Arab Saudi-Israel Nego Normalisasi Hubungan, Palestina Ketar-Ketir

Minggu, 18 Juni 2017 10:02

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Arab Saudi dikabarkan sedang melakukan negosiasi dengan Israel. Itu untuk menormalisasi hubungan diplomatik kedua negara.

Akibat kabar itu, pejabat Palestina resah. Sebab jika negosiasi itu benar dilakukan, maka dapat berkembang menjadi normalisasi hubungan negara-negara Arab dengan Israel. Dan itu tanpa perjanjian damai yang terkait dengan Palestina.

Dalam laporannya, The Times mengatakan, bahwa negosiasi yang tengah berjalan itu mencakup banyak persyaratan. Antara lain soal izin bagi perusahaan Israel untuk beroperasi di negara-negara Teluk. Juga izin bagi maskapai nasional Israel, El Al untuk melintas secara bebas di atas wilayah udara Saudi.  

Namun menurut laporan New Arab, Minggu (18/6/2017), negosiasi itu hanyalah rumor. Dan rumor itu dibantah sebuah sumber yang dekat dengan Pemerintah Arab Saudi yang menyebut itu sebagai ide sepihak. Ide tidak masuk akal yang datang dari Amerika Serikat.

Baca: Spanyol Usung Benidorm jadi Warisan Budaya Dunia

Baca: Dibantah, Militer Afghanistan Tembak Mati Tujuh Tentara Amerika

Tetapi Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman, dalam sebuah wawancara dengan televisi Israel Channel 2, pekan lalu mengatakan, bahwa Palestina dan Israel selangkah lebih dekat dari sebelumnya untuk mencapai sebuah kesepakatan. 

Dan juga dikabarkan, bahwa Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas dijadwalkan akan bertemu untuk bernegosiasi dengan Presiden AS Donald Trump Juli mendatang.

Dengan sejumlah kabar yang masih simpang-siur itu, maka sejumlah pakar politik negara bersangkutan masih belum bisa menjawab konklusi akhir dari kabar-kabar itu. jss