Inilah Hakim Pertama di Inggris yang Mengenakan Hijab

Rabu, 27 Mei 2020 13:24
Inilah Hakim Pertama di Inggris yang Mengenakan Hijab

BERTUAHPOS.COM — Wanita pertama yang mengenakan hijab di dunia Barat adalah seorang hakim perempuan bernama Raffia Arshad. Muslimah berusia 40 tahun tersebut tumbuh di Yorkshire, Inggris utara. Ia ingin bekerja di bidang hukum sejak dirinya berusia 11 tahun.

Dia banyak berharap kepada dirinya menjadi inspirasi bagi banyak wanita muslim di sana untuk mengikuti jejaknya menggunakan hijab. Baru sepekan lewat, dia ditunjuk sebagai wakil hakim di distrik wilayah Midlands.

Keberhasilannya dalam dunia hukum menurutnya, harus menjadi kabar baik bagi keragaman dalam sistem hukum paling dihormati di dunia. Apalagi, kantor pengadilan di sana juga tengah mempromosikan soal keragaman. “Saat mereka menunjuk saya sebagai wakil hakim, mereka tak tahu kalau saya pakai hijab,” katanya.

“Ini pasti lebih besar daripada saya. Saya tahu ini bukan tentang aku. Ini penting untuk semua wanita, bukan hanya wanita Muslim, tetapi ini sangat penting bagi wanita Muslim,” kata Arshad, dilansir di The National, Rabu 27 Mei 2020.

Baca: Raup Omset Puluhan Juta Rupiah dari Kulit Sintetis

Arshad merupakan seorang ibu dari tiga anak. Ia menjadi pengacara hukum pribadi yang berurusan dengan anak-anak, pernikahan paksa, sunat wanita, dan kasus-kasus lain yang melibatkan hukum Islam selama 17 tahun terakhir.

Selain itu, Arshad juga merupakan yang pertama di keluarganya yang mengenyam pendidikan universitas dan juga menulis teks terkemuka tentang hukum keluarga Islam. 

Meskipun pengangkatan dirinya oleh Ketua Mahkamah Agung menjadi berita yang disambut baik untuknya, namun Arshad justru mengungkapkan kebahagiaan dari orang lain yang membagikan berita itu jauh lebih berarti. (bpc3)