Pembelotan Tentara Muslim India untuk Indonesia

Sabtu, 21 November 2020 06:00
Pembelotan Tentara Muslim India untuk Indonesia

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Ketika berperang di Indonesia, tentara Inggris yang berasal dari India mulai goyah, terutama yang beragama muslim.

Para tentara India ini mendengar pekikan takbir dari arah pasukan pejuang, yang menandakan mereka sedang memerangi kaum muslim, dan sesama kaum muslim dilarang saling memerangi.

Advertisement

Kebingungan juga sempat terjadi di sisi pejuang republik. Saat berperang, mereka juga kebingungan dengan pekikan takbir dari pasukan Inggris. Meskipun merek belum yakin apakah mereka muslim atau tidak.

Akhirnya, dimulailah skenario untuk membujuk tentara India yang muslim agar membelot ke Indonesia. Dengan alasan sesama muslim dilarang saling memerangi, dan mengatakan bahwa perjuangan bangsa Indonesia sama dengan perjuangan bangsa India.

Baca: Setelah Penilaian, Dewan Juri Umumkan Nominasi 10 Foto Terbaik Lomba Momen Bertuahpos

Banyak tentara India Inggris yang akhirnya membelot ke pihak Indonesia. Salah satu yang terkenal adalah Kapten Rashid. Bahkan, Kapten Rashid melalui radio dengan bahasa Inggris dan Hindustan terus mengajak para tentara muslim India untuk membantu perjuangan Indonesia.

Pihak Inggris menyebutkan 600 pembelotan terjadi selama Inggris berada di Indonesia. Sebagian besar pembelotan ini dilakukan oleh tentara India muslim. Tentara muslim ini juga membawa granat, senjata api, amunisi, hingga truk saat membelot. (bpc4)