Catatan Sejarah 8 Agustus: ASEAN Didirikan

Sabtu, 08 Agustus 2020 05:58
Catatan Sejarah 8 Agustus: ASEAN Didirikan
Penandatanganan Deklarasi Bangkok. (Foto: net)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – ASEAN didirikan oleh latar belakang kesamaan nasib sebagai negara yang pernah terjajah (kecuali Thailand) di Asia Tenggara.

Selain itu, ada kekhawatiran pengaruh ideologi negara besar seperti Uni Soviet dan Amerika Serikat akan memecah negara di Asia Tenggara. Untuk itu, perwakilan lima negara di Asia Tenggara kemudian berkumpul di Bangkok.

Advertisement

Lima negara ini adalah Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Filipina. Tanggal 8 Agustus 1967, ditandatangani Deklarasi Bangkok, yang menjadi dasar berdirinya Association of Southeast Asian Nations (ASEAN).

Penandatanganan Deklarasi Bangkok dilakukan oleh Adam Malik (Menteri Luar Negeri Indonesia), Thanat Khoman (Menteri Luar Negeri Thailand), Tun Abdul Razak (Wakil Perdana Menteri Malaysia), S. Rajaratnam (Menteri Luar Negeri Singapura), dan Narciso Ramos (Menteri Luar Negeri Filipina).

Baca: Tanzanite yang Bikin Para Penambang Biasa Kaya Mendadak

Seiring berjalan waktu, anggota ASEAN bertambah menjadi 10 anggota, dengan dua anggota pengamat, yaitu Timor Leste dan Papua Nugini.

Hingga kini, ASEAN banyak berperan dalam menengahi konflik antar anggota, dan juga dengan negara lain diluar anggota. Diantara fokus ASEAN antara lain konflik Laut Cina Selatan. (bpc4)