Catatan Sejarah 23 November: Pembajakan Ethiopian Airlines

Senin, 23 November 2020 05:00
Catatan Sejarah 23 November: Pembajakan Ethiopian Airlines

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Tanggal 23 November 1996, Ethiopian Airlines dengan nomor penerbangan 961 dibajak dengan pelaku berjumlah tiga orang. Pembajak memaksa pilot untuk terbang ke Australia.

Ethiopian Airlines dengan nomor penerbangan 961 merupakan penerbangan pertama dengan rute trans Afrika. Penerbangan ini melayani rute Addis Ababa-Nairobi-Brazzaville-Lagos-Abidjan.

Advertisement

Pilot pesawat, Kapten Leul Abate kemudian menerbangkan pesawatnya sepanjang pesisir Afrika. Kapten Leul Abate sebenarnya sudah memperingatkan pembajak bahwa bahan bakar yang mereka punya tak akan bisa mencapai Australia, namun para pembajak tak mempercayainya.

Diam-diam, Kapten Leul kemudian mengarahkan pesawat ke Kepulauan Komoro, yang terletak antara Madagaskar dan pantai Afrika.

Baca: Catatan Sejarah 20 Oktober: SBY-JK Dilantik Sebagai Presiden dan Wakil Presiden

Peringatan bahan bakar yang habis terus berbunyi. Kehabisan pilihan, Kapten Leul terpaksa mendaratkan pesawatnya di atas Samudera Hindia, dengan kecepatan 200 mil per jam.

Dari 175 penumpang dan kru pesawat, 123 diantaranya tewas. 3 orang pembajak juga diketahui tewas. Menurut beberapa media, pembajakan Ethiopian Airlines 961 adalah pembajakan terburuk sebelum peristiwa 9/11, dikutip dari berbagai sumber. (bpc4)