Catatan Sejarah 16 November: Penyakit SARS Muncul di China

Senin, 16 November 2020 05:00
Catatan Sejarah 16 November: Penyakit SARS Muncul di China

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Penyakit SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome muncul pertama kali di Tiongkok pada 16 November 2002. Dengan cepat, SARS menyebar ke seluruh dunia, melalui Vietnam dan Hongkong.

Angka kematian akibat SARS sangat tinggi, yakni 10 persen. Dari 8.069 kasus yang tercatat, 775 diantaranya dilaporkan meninggal dunia.

Advertisement

SARS menjadi momok dunia intersional saat seorang pengusaha Amerika selesai berkunjung ke Tiongkok di bulan Februari 2002. Di atas pesawat, pengusaha tersebut terkena penyakit yang mirip radang paru-paru. Pesawat yang ditumpanginya terpaksa mendarat di Hanoi, Vietnam.

Kasus ini semakin heboh karena dokter dan perawat yang merawat pengusaha Amerika tersebut juga tertular penyakit yang sama.

Baca: Kata Mutiara Hari ini, Jumat! Yuk Selami Hikmahnya

Akhirnya, pada 12 Maret tahun 2003, badan kesehatan dunia WHO mengeluarkan peringatan global waspada SARS. Wabah SARS kemudian dilaporkan sudah menyebar ke sejumlah kota dunia, seperti Toronto dan Hongkong.

Sejumlah negara kemudian mengeluarkan kebijakan untuk tidak berkunjung ke negara yang terkena wabah SARS. Akibatnya, sektor pariwisata di Toronto dan dan Hongkong jatuh.

Di Selandia Baru, delegasi Tiongkok yang berjumlah 43 orang dilarang masuk negara tersebut. Padahal, delegasi tersebut akan menghadiri Konferensi Kesehatan di Materton.

Indonesia juga memperlakukan hal yang sama. Setiap orang yang baru datang dari Singapura, Hongkong, dan Tiongkok diwajibkan menjalani pemeriksaan medis. Jika teridentifikasi terkena SARS, maka orang tersebut langsung dikarantina. (bpc4)

Berita Terkini

Sabtu, 05 Desember 2020 14:01

Tahukah Kamu, Apa Kerajaan Islam Pertama di Riau?

#RIAU

Sabtu, 05 Desember 2020 12:32

Pemprov Riau Harusnya Konsentrasi pada Perbaikan Pertanian

#pangan #beras #gabah #ketahananpangan #riau

Sabtu, 05 Desember 2020 10:50

Pemerintah, Naikkan Cukai Rokok Berpotensi Memperburuk Angka Pengangguran

#cukai #rokok #phk #pengangguran

Sabtu, 05 Desember 2020 10:35

Harga Cabai di Pekanbaru Merangkak Naik, Benarkah Hanya Karena Faktor Iklim?

#cabai #harga #bapok #pekanbaru

Sabtu, 05 Desember 2020 10:07

Indonesia Harusnya Bisa Contoh Thailand dalam Penanganan Covdi-19

#kasus #covid #indonesia #thailand