Catatan Sejarah 15 Maret: Berdirinya Liverpool FC, Klub Inggris Tersukses

Senin, 15 Maret 2021 05:00
Catatan Sejarah 15 Maret: Berdirinya Liverpool FC, Klub Inggris Tersukses

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Liverpool FC berdiri pada 15 Maret 1892, sebagai pecahan dari Everton FC, dan kini dinyatakan sebagai klub tersukses Inggris pada abad 20.

Awalnya, terjadi perselisihan antara Komite Everton FC dengan John Houlding, presiden klub dan juga pemilik stadion Anfield.

Sebagai pemilik Anfield, John Houlding meminta klub membayar sewa dari 100 poundsterling menjadi 250 poundsterling per tahun. Komite Everton FC menolak, dan memutuskan pindah stadion ke Goodison Park.

John Houlding kemudian mendirikan klub baru yang bermarkas di Anfield. Klub baru ini kemudian diberi nama Everton FC and Athletic Grounds, Ltd.

Baca: Catatan Sejarah 28 April: Meninggalnya Penyair Indonesia, Chairil Anwar

BACA JUGA:  Liga Inggris: Manchester City Hancurkan Liverpool 4-0

Namun, FA menolak mengakui dua nama Everton, sehingga pada Juni 1892, namanya dirubah menjadi Liverpool F.C., dan segera menjelma sebagai klub kuat di Inggris.

Kini, Liverpool sudah memenangkan 19 trofi Liga Inggris, 8 trofi Piala Liga, 7 Piala FA.

Sementara, di level Eropa, Liverpool menjadi yang tersukses dengan memenangkan 6 trofi Liga Champions, dan 3 trofi Piala Eropa.

Menurut International Federation of Football History and Statistics (IFFHS), Liverpool adalah klub tersukses di Inggris, dan klub tersukse nomor 7 di level dunia di abad 21. (bpc4)