Catatan 2 Maret: Kelahiran Dai Sejuta Umat, Zainuddin MZ

Selasa, 02 Maret 2021 05:00
Catatan 2 Maret: Kelahiran Dai Sejuta Umat, Zainuddin MZ

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Zainuddin MZ dikenal sebagai ‘Dai Sejuta Umat’ karena ceramahnya mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Karena itu, ceramah Zainudin selalu dihadiri banyak jemaah.

Dikutip dari sumber terbuka wikipedia, Zainuddin lahir di Jakarta pada 2 Maret 1952. Nama aslinya adalah Zainuddin Hamidi. Dia merupakan anak dari pasangan Betawi asli, Turmudzi dan Zainabun. Sang ayah merupakan pensiunan PLN yang meninggalkan Zainudin sejak umur 3 tahun.

Advertisement

Rupanya, bakat Zainuddin dalam berceramah sudah terlihat sejak kecil. Bakat ini semakin terasah saat dirinya berada di madrasah Darul Ma’arif sejak tingkat tsanawiyah hingga aliyah. Madrasah ini dipimpin oleh KH Idham Chalid, seorang ulama kharismatik dan juga pernah menjadi Ketua PBNU.

BACA JUGA:  Akun Facebooknya Hilang, UAS: Tak Papa, Kita Buat yang Baru

Sejak saat itu, kemampuan bercermah Zainuddin semakin baik. Dirinya juga sudah sering bercermah di banyak tempat, dan selalu dipenuhi oleh jemaah.

Baca: Islam Melarang Menyakiti Diri Sendiri dan Orang Lain

Mengikuti jejak sang guru yang berpolitik, Zainuddin juga masuk dunia politik pada tahun 1977. Dia bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Zainuddin tetap di partai ini hingga 2002, dimana sempat pecah menjadi PPP Reformasi dan berubah menjadi Partai Bintang Reformasi (PBR).

Terakhir, Zainuddin bergabung dengan Partai Gerindra yang dipimpin Prabowo hingga akhir hayatnya pada tahun 2011. (bpc4)