Apa yang Terjadi Jika Indonesia Tidak Pernah Dijajah?

Jumat, 03 Juli 2020 11:00
Apa yang Terjadi Jika Indonesia Tidak Pernah Dijajah?

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Sejarah memang tidak bisa berulang. Juga, tidak bisa diandaikan.

Tapi, mari kita akan berandai-andai. Apa yang terjadi jika Indonesia tidak pernah dijajah? Baik oleh Belanda, Inggris, Portugis, ataupun Jepang.

Advertisement

Nah, menurut jurnalis bertuahpos.com yang merupakan lulusan Ilmu Sejarah Universitas Andalas, Romi Juniandra S.Hum, jika Indonesia tak pernah dijajah, kemungkinan besar negara Indonesia tak pernah ada.

“Nama Indonesia, Garuda Pancasila, bendera merah putih, itu kemungkinan tidak akan pernah ada,” kata Romi, Jumat 3 Juli 2020.

Baca: Orang Tanpa Gejala Positif Corona Masih Berkeliaran

Jika saja De Houtman bersaudara tidak pernah sampai di Banten, dan malah tersesat entah dimana, kerajaan yang ada di Indonesia juga kemungkinan masih ada hingga saat ini.

“Mulai dari Mataram di Jawa, Aceh, Gowa-Tallo, Siak Sri Indrapura, kemungkinan kerajaan-kerajaan itu masih ada, dan berdiri menjadi negara berdaulat hingga hari ini,” tambah Romi.

Itu artinya, Indonesia terbagi dalam beberapa negara berdaulat dalam bentuk kerajaan. Artinya lagi, penduduknya tidak bisa bebas pergi dari pulau ke pulau seperti saat ini, karena sudah terhalang kadaulatan sebuah negara.

“Ya, jika misalnya orang Jawa mau ke Riau saat ini, artinya dia mau ke kerajaan Siak. Harus pakai paspor seperti lazimnya pergi ke luar negeri,” lanjut Romi.

Lalu, kalau dengan kerajaan yang ada, apakah rakyatnya akan sejahtera?

“Jika kita mengandaikan, ya kemungkinan rakyatnya akan sejahtera. Raja Mataram akan mengayomi rakyatnya, begitu juga dengan raja di kerajaan lainnya,” lanjut Romi.

Wah, ternyata begitu ya, jika bangsa barat tak pernah menjajah Indonesia. Namun, kita patut bersyukur, karena saat ini kita bersatu dari Aceh hingga Papua. Kita bersama-sama bisa membangun Indonesia lebih maju kedepannya.

Bagaimana menurut kamu?

(bpc4)