Wah..wah…Silpa Pekanbaru Diprediksi Melebihi Rp 105 Miliar

Jumat, 06 Juni 2014 19:06

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru diprediksi akan memiliki Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) pada 2014.  Ini terlihat dari penyerapan APBD hingga triwulan II, yang diperkirakan masih di bawah 50 persen.

Namun menurut Sekretaris Kota (Sedako) Pekanbaru, M Syukri Harto kepada bertuahpos.com, peningkatan Silpa tak perlu dikhawatirkan.

“Walau pun Silpa meningkat namun artinya anggaran itu tidak hilang. Jadi anggaran tersebut masih bisa digunakan,” ujarnya di Kantor Walikota Pekanbaru, Kamis (5/6/2014).

Seperti yang pernah diberitakan sebelumnya, Silpa Kota Pekanbaru pada APBD 2012 sempat mencapai Rp 105 miliyar. Jumlah itu menuai banyak protes dari berbagai kalangan. Angka tersebut diprediksi akan meningkat seiring bertambahnya besaran APBD dari tahun sebelumnya.

Baca: Harga Rupiah Cenderung Melemah

Rincian pada APBD tahun anggaran 2014, belanja daerah direncanakan sebesar Rp 2,7 triliun. Meningkat sekitar 8 persen dari APBD perubahan 2013 sebesar Rp 2,5 triliun.

“Daya serapnya (APBD 2014) saya tidak tahu berapa persennya, tapi sekarang anggarannya sudah banyak digunakan,” sebutnya. Sehingga dirinya optimis pihaknya akan mencapai target dalam penggunaan  anggaran.

Seperti diketahui APBD Pekanbaru sempat tersendat pengesahannya, akibat dana multiyears yang dipertanyakan kalangan anggota DPRD. Keterlambatan pengesahan tersebut berimbas pada tersendatnya kegiatan tiap SKPD. (riki)