Tips Mengatur Keuangan Keluarga

Selasa, 18 Februari 2014 09:12
BERTUAHPOS.COM, JAKARTA – Hidup itu penuh kejutan dan tidak melulu berjalan dengan keinginan dan tujuan kita. Kadang di atas kadang juga di bawah.
Â
Saat ekonomi keluarga sedang bagus, terkadang kita lupa untuk mempersiapkan diri jika terjadi sesuatu. Nah, begitu kita di bawah maka harus bisa mempersiapkan hal-hal yang cermat supaya bisa bertahan hidup.
Â
Bagaimana caranya? Simak tips di bawah ini seperti dikutip dari UangAnda miik Citigroup, Selasa (18/2/2014).
Â
1. Cari harga termurah untuk kualitas yang sama
Seringkali kita malas mencari pembanding dalam membeli produk tertentu. Padahal jika Anda mau sedikit menggali informasi Anda dapat menabung kelebihan tersebut sebagai dana lain.Â
Â
2. Buat perencanaan keuangan
Jangan malas membuat perencanaan keuangan tentang pemasukan dan pengeluaran Ini agar Anda dapat menghindari pemborosan. Evaluasi pelaksanaan dari rencana keuangan setiap akhir bulan. Bila terjadi penyimpangan, beri catatan mengapa ini bisa terjadi.
Â
3. Kurangi belanja mal
Sesuaikan gaya hidup Anda dengan kondisi keuangan yang dimiliki. Jangan mudah tergoda meskipun saat mall itu mengadakan program diskon besar-besaran. Batasi pergi nongkrong bersama teman-teman kantor dengan alasan menghindari macet.
Â
4. Sisihkan uang untuk menabung meski kecil
Untuk mengantisipasi dampak krisis yang lebih besar tetap sisihkan uang untuk menabung. Jangan menabung sejumlah uang dari sisa anggaran belanja, melainkan pisahkan dulu. Misalnya 15% dari penghasilan, dan sisanya barulah digunakan untuk keperluan lainnya.
Â
5. Jangan menambah utang
Jangan mempunyai kartu kredit baru atau bila terpaksa berhentilah sama sekali memakai kartu kredit. Bila kita berpegang teguh pada semua prinsip di atas semoga dampak  krisis yang terjadi dapat dikurangi bagi Anda dan keluarga.(dtf)