Tips Investasi untuk Mahasiswa, Supaya Cerdas Kelola Duit Kiriman Orang Tua

Senin, 26 Oktober 2020 15:10
Tips Investasi untuk Mahasiswa, Supaya Cerdas Kelola Duit Kiriman Orang Tua
Ilustasi tips investasi. (net)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Dewasa ini, investasi mungkin masih menjadi hal yang asing bagi mahasiswa. Wajar, sebab mereka masih disuplai dana dari orang tua. (Tips investasi untuk mahasiswa)

Tapi perlu disadari bahwa berinvestasi perlu dipelajari sejak dini untuk menunjang kemampuan finansial kedepan. Bukankah sejak kecil kita diajarkan untuk menabung? dan menabung itu adalah instrumen investasi yang paling sederhana. Berikut ini tips investasi untuk mahasiswa agar Anda menjadi pribadi cerdas dalam mengelola keuangan;

Buat Catatan Pemasukan dan Pengeluaran

Penting bagi kamu sebagai mahasiswa untuk melakukan hal ini. Setiap uang bulanan yang dikirim orang tua sebaiknya dicatat secara detail untuk apa saja kamu pergunakan. Hal ini untuk menghindari kegiatan transaksi yang tidak perlu.

Baca: Gadai Swasta Menjamur, OJK Perketat Regulasi

BACA JUGA:  Tips Sederhana Berinvestasi untuk Pemula

Jika dilihat, memang sedikit ribet. Tapi sadarkan kamu wahai para mahasiswa, sering kali kebingungan karena uang pegangan sudah menipis sebelum tiba waktu kiriman. Sedangkan kamu tidak mengetahui secara pasti kemana uang itu dipakai.

Mulai Sisihkan Dana Darurat

Dalam dunia investasi, ada istilah manajemen investasi. Biasanya disarankan agar setiap penghasilan disisihkan untuk dana darurat. Jika kamu seorang pekerja, dana darurat sangat diperlukan untuk hal-hal di luar perkiraan. Misalnya mendadak kamu sakit, atau di PHK dari perusahan.

Idealnya, dana darurat mampu menghidupi segala kebutuhan setidaknya tiga bulan selama kamu menjadi pengangguran. Sebab walau kamu tidak bekerja, uang listrik, makan, komunikasi dan lain-lain tetap harus dibayar bukan?

Selagi kamu masih berstatus sebagai mahasiswa, mulailah mengelola dana darurat dengan benar. Minimal mampu agar kamu bertahan menjelang kiriman datang. Dana darurat ini perlu jika sewaktu-waktu ada masalah dengan uang bulanan kamu, atau tiba-tiba ada keperluan kampus yang harus di bayar.

Sisihkan Duit untuk Ditabung atau Investasi

BACA JUGA:  Stay Cool, Inilah Tips Investasi untuk Pemula

Nah, ini yang sulit. Karena tidak semua dari mahasiswa mampu melakukan ini. Maklum, masa-masa menjadi mahasiswa adalah waktu di mana ada banyak hal yang ingin coba. 

Sehingga keinginan akan mengalahkan logika sehat bagaimana mengatur keuangan dengan benar. Padahal, menabung, atau berinvestasi merupakan bagian yang penting. Setidaknya, itu untuk cadangan masa depan kamu setelah selesai kuliah.

Perbaharui Kemampuan dan Pengetahuan

Pepatah bijak mengatakan ‘Alam terkembang menjadi guru.’ Belajar yang sesungguhnya bagi mahasiswa bukan hanya sebatas pada ruangan petak persegi empat dengan mengamati coretan di papan tulis. 

Ada banyak sarana lain yang bisa kamu manfaatkan untuk menambah pengetahuan, terutama tentang pengembangan diri. Faktanya, ada banyak sekali mahasiswa yang kemudian bekerja tidak linier dengan latar belakangan pendidikan yang mereka ambil sewaktu kuliah. 

Bahasa kasarnya kira-kira seperti ini: Untuk mendapatkan pekerjaan, kamu memang membutuhkan nilai yang tinggi. Tapi untuk naik jabatan, kamu membutuhkan relasi.

Itulah tips investasi untuk para mahasiswa. Semoga kamu menjadi pribadi yang cerdas dalam mengelola keuangan ya… Ingat, jangan pernah bikin negara semakin susah ngurusin pengangguran.

(bpc2)