Stay Cool, Inilah Tips Investasi untuk Pemula

Jumat, 01 Mei 2020 06:29
Stay Cool, Inilah Tips Investasi untuk Pemula

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Tidak mudah memang untuk meyakinkan diri agar tetap bisa berinvestasi. Apalagi bagi investor pemula. Godaan selalu saja datang dari diri sendiri maupun dari luar.

Nah, beberapa tips berikut ini mungkin bisa Anda lakukan, terutama untuk investor pemula sebelum melakukan transaksi saham di pasar modal, sebagaimana dilansir dari Instagram @IDX_Riau:

Advertisement

Pertama : Pengetahuan meruapak kunci utama. Ketahui dan kenali produk-produk investasi. Pelajarilah secara seksama apa dan mana yang cocok untuk kamu. Ikut-ikutan dalam hal investasi akan sangat berisiko.

Kedua : Sisihkan dana. Menyisihkan dana secara tidak langsung akan mengajarkan kepada Anda bagaimana bijak dalam mengelola keuangan. Sebelum mulai untuk berinvestasi, Anda bisa menyisihkan dana dari biasa keinginan yang tidak perlu. Seperti mengurangi kebiasaan ngongkrong, shopping, dan lain-lain.

Baca: Harga Minyak Anjlok, Harga BBM Bakal Diturunkan?

Ketiga : Mulailah berinvestasi dari nominal kecil. Untuk tahap awal belajar berinvestasi, atau untuk investasi pemula jangan paksakan dengan nominal angka besar. Seberapa banyakpun uang Anda sebaiknya Anda memulai berinvestasi dengan nominal kecil, sampai Anda benar-benar memahaminya.

Keempat : Realistis dan fokus pada tujuan investasi. Terkadang, orang berinvestasi hanya untuk coba-coba. Jika tujuan investasi berangkat dari sini, sebaiknya segera Anda batalkan. Berinvestasi harus punya tujuan yang jelas. Oleh sebab itu ada istilah tujuan jangka pendek dan jangka panjang.

Silahkan Anda tentukan apakah investasi yang akan dilakukan untuk jangka pendek atau jangka panjang. Misal, 5 tahun lagi Anda ingin beli mobil, atau ingin memasukkan anak sekolah. Ini tujuan jangka pendek.

Atau, 10 tahun lagi Anda ingin beli rumah, atau 30 tahun kedepan Anda ingin pensiun dan menikmati hari tua. Semua ini adalah tujuan investasi jangka panjangnya. Jangan terlalu rakus untuk meraup keuntungan besar dari investasi, itulah mengapa investasi itu harus punya tujuan yang realistis dan fokus pada tujuan itu.

Kelima : Tetap tenang. Sebagai seorang investor, ada kalanya faktor-faktor dari luar datang menguji kita. Misalnya saja dengan kondisi saat ini. Mewabahnya virus corona membuat terjadinya ketidakpastian. Sampai kapan ini akan berakhir, apa dan bagaimana cara menghadapinya. Setiap keputusan haruslah diambil dengan pengetahuan logis, bukan dengan emosi, dan tetaplah stay cool…

Selamat mencoba…

(bpc3)