Share e-Commerce Belum Berikan Sumbang Besar Terhadap PDB

Senin, 07 Agustus 2017 12:16

 

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – E-Commerce belum memberikan share tinggi terhadap produk domestik bruto (BPD), meski tren transaksi masyarakat saat ini banyak menggunakan jasa itu. 

Hal itu disampaikan oleh Kepala BPS Pusat Suhariyanto dalam video confrence (Vicon) rilis pertumbuhan ekonomi triwulan ke II tahun 2017, Senin (7/8/2017). 

“Perdagangan e-Commerce merupakan perdagangan biasa, hanya saja pola transaksinya yang berbeda. Jadi tidak ada pergeseran dari sisi produksi barangnya,” katanya. 

Baca: Asal Usul Uang Koin yang Tak Laku di Riau

Dia mengatakan, untuk jasa e-Commerce sendiri, terbatas penggunaannya. Sebagian besar masyarakat menggunakan jasa transaksi bersifat elektronik itu, adalah mereka dengan penghasilan menengah ke atas. 

“Hingga saat ini belum ada angka pasti berapa share yang diberikan e-Commerce terhadap PDB. Angkanya masih sangat kecil,” katanya. 

Namun demikian dari sisi pemanfaatannya, dia meyakini pertumbuhan e-Commerce cenderung bagus. Sebab perlahan menunjukkan bahwa ada banyak transaksi terjadi menggunakan jasa ini.

Hal ini juga disebabkan dengan tren pola perubahan perilaku masyarakat dari manual ke elektronik. Tapi, untuk angka transaksinya masih sangat sedikit sebab pola seperti ini dianggap masih baru dan belum menyentuh lapisan masyarakat terbawah. (bpc3)