Seberapa Penting Mempersiapkan Keuangan Masa Tua?

Rabu, 23 Oktober 2013 12:24
Seberapa Penting Mempersiapkan Keuangan Masa Tua?

BERTUAHPOS.COM – Masa pensiun merupakan masa emas ketika Anda seharusnya bisa menikmati apa yang dulunya tidak bisa Anda lakukan selagi masih menjadi karyawan. Jika seorang individu rata-rata menghabiskan 40 jam selama satu minggu untuk bekerja, 50 minggu dalam satu tahun, dan 35 tahun dari total usianya, maka ia telah bekerja kira-kira selama 70.000 jam selama masa produktifnya.

Tentu saja, angka ini belum menghitung waktu cuti, waktu lembur, waktu bermacet-macet ria di jalan, dan waktu tambahan lain yang berhubungan dengan pekerjaan Anda.

Advertisement

Dalam masa ini, Anda tentu sadar betul alasan mengapa Anda rela menghabiskan hampir separuh dari usia Anda untuk bekerja, apakah untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup Anda sendiri, keberadaan orang lain yang menjadi tanggungan Anda, kondisi lingkungan di sekitar Anda yang mengharuskan Anda bekerja, atau bahkan Anda memang mencintai pekerjaan tersebut.

Apabila di masa itu Anda harus bekerja keras, setidaknya untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, bagaimana dengan masa pensiun Anda? Anda tentu tidak mau hanya merasakan hidup nyaman ketika Anda bekerja dan harus bersusah payah di masa pensiun Anda.

Baca: Asuransi Itu Bisa Jadi Media untuk Investasi Lho…

Itulah sebabnya perencanaan pensiun merupakan salah satu tujuan keuangan yang sangat penting dalam siklus kehidupan seorang individu. Seberapa penting menyiapkan hari tua? Berikut pemaparan Perencana Keuangan ZAP Finance Ratih Nurmalasari seperti dikutip detikFinance, Rabu (23/10/2013)./detik.com