Rupiah Menguat Tipis

Selasa, 15 April 2014 07:15

BERTUAHPOS.COM, JAKARTA – Laju nilai tukar Rupiah menguat tipis pada perdagangan kemarin. Penguatan rupiah seiring dengan pergerakan harga kontrak emas yang juga menguat.

Pada perdagangan kemarin rupiah berhasil menguat dengan berada pada Rp14.444 per dollar AS. Mata uang rupaih bergerak dengan Rp14.450 per dollar AS (Kurs Tengah Bank Indonesia).

Reza Priyambada Kepala Riset Trust Securities, menuturkan pelaku pasar memanfaatkan rendahnya laju Rupiah dalam beberapa hari terakhir pasca terkontaminasi dengan sentimen politik, untuk kembali diburu meski masih dalam volume yang cukup rendah.

“Adanya pernyataan dari Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Firmanzah, bahwa IHSG dan Rupiah naik karena penguatan fundamental perekonomian Indonesia juga memberikan sentimen positif karena menunjukkan upaya Pemerintah dalam menjaga momentum pemulihan ekonomi dalam negeri,” katanya di Jakarta, Selasa (15/4/2014).

Baca: Meningkat Drastis, Jelang Triwulan III Transaksi Saham di Riau Capai Rp3,7 triliun

Adapun dalam data Bloomberg pada penutupan kemarin tampak bahwa rupiah berada pada Rp11.437 per dollar AS. Rupiah naik 270 bps atau 0,21 persen ketimbang posisi sebelumnya.(Tribunnews)