Rencana Terbitkan Sukuk Masih Panjang Meski Syamsuar Sebut ‘Kami Berminat’

Sabtu, 08 Agustus 2020 09:05
Rencana Terbitkan Sukuk Masih Panjang Meski Syamsuar Sebut ‘Kami Berminat’

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Gubernur Riau Syamsuar mengatakan Pemprov Riau ada minat untuk mendapatkan dana melalui penerbitan surat berharga Sukuk. Dana tersebut bisa digunakan sebagai tambahan dalam pembangunan infrastruktur di daerah.

Sebelumnya, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal yang juga merangkap Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Hoesen menyampaikan, bahwa Provinsi Riau merupakan salah satu provinsi yang potensial untuk menerbitkan sukuk daerah.

Advertisement

Namun keinginan Syamsuar terhadap hal ini sepertinya masih sebatas niatan. Sebab belum ada gambaran atau rencana tindak lanjut terhadap rencana tersebut. Lagi pula, untuk mewujudkannya perlu dilalui beberapa tahapan proses, seperti duduk bersama dengan DPRD Riau, dan tahapan lain yang harus dilakukan sebagai syarat mutlak.

“Kami berniat. Namun tetap harus dibahas dan mendapat persetujuan dari DPRD. Nantilah kita bicarakan lagi. Kalau sekarang belum lagi. Sebab masih akan kami kaji, bagaimananya,” jelas Syamsuar.

Baca: Plt Wako Pekanbaru Mulai Cemas, Masih Sedikit OPD Serahkan Laporan Keuangan 2017

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Riau Yusri mengungkapkan, Sukuk bisa dipakai sebagai sarana untuk tambahan dana bagi daerah untuk membantu pembangunan infrastruktur. Memang tidak semua daerah yang diberi kesempatan. “Dan Riau menjadi salah satu daerah yang terpilih,” ungkapnya

Yusri mengatakan, Riau dipilih sebagai salah satu daerah yang bisa menerima program Sukuk dikarenakan provinsi ini memiliki indeks kapasitas fiskal daerah dengan kategori tinggi. Selain itu laporan keuangan Pemprov Riau juga meraih opini wajar tanpa pengecualian selama 5 tahun berturut-turut. (bpc2)