Raup Rp 100 Triliun Berkat Tanam Uang Saat Krisis

Selasa, 08 Oktober 2013 04:24

BERTUAHPOS.COM – Ketika orang lain panik di masa krisis finansial, orang terkaya ketiga di dunia Warren Buffet memilih untuk masuk ke pasar dan berinvestasi. Kini setelah situasi membaik, investasinya itu menghasilkan untung US$ 10 miliar atau sekitar Rp 100 triliun.

Saat likuiditas pasar mengetat pada krisis finansial 2008, sebanyak 6 perusahaan raksasa meminjam uang senilai US$ 26 miliar (Rp 260 triliun) dari pria yang jago bermain ukulele ini, melalui perusahaan miliknya yaitu Berkshire Hathaway, seperti diberitakan Wall Street Journal yang dikutip CNBC, Selasa, (8/10/2013).

Hasil investasinya ini mulai terasa ketika produsen coklat dan permen Mars membayar utang sebesar US$ 4,4 miliar atas anak usahanya Wrigley yang berutang sejak 2008. Dari hasil pinjaman ini Buffet mendapat keuntungan US$ 680 juta (Rp 6,8 triliun).

Selain di produsen coklat itu, Berkshire juga banyak menempatkan dan meminjamkan dana kepada perusahaan raksasa lainnya seperti Goldman Sachs dan Bank of America.

Baca: Rupiah Menguat Rp 70 Terhadap USD Pagi ini

Buffett, yang saat ini menjabat sebagai Komisaris dan CEO Berkshire Hathaway menyatakan keuntungan yang didapatnya itu merupakan hasil investasi sederhana.

“Ini hanya keuntungan yang sederhana, investor biasa saja bisa melakukan ini dengan berinvestasi di pasar modal saat orang lain panik. Anda membeli saham dengan harga bagus saat orang lain ketakutan,” ujarnya.(detik.com)