Perbankan Beri Tenggang Waktu Pembayaran Kredit

Sabtu, 15 Februari 2014 09:08
BERTUAHPOS.COM, JAKARTA – Perbankan mulai mengantisipasi adanya kredit macet akibat meletusnya Gunung Kelud, di Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Antisipasinya berupa keringanan pembayaran kredit melalui perpanjangan masa kredit.Â
Â
Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Gatot M. Suwondo mengatakan, bencana letusan Gunung Kelud berpotensi menimbulkan kredit macet.
Â
“Kemungkinan pasti ada kredit macet seperti di Kediri dan Jawa Tengah (Yogyakarta) yang terkena imbas abu vulkanik dari Kelud,” ujar Gatot saat ditemui di Gedung BNI, Jakarta, Jumat (14/2/2014).
Â
Untuk itu bank berkode BBNI itu bakal memberikan keringanan kepada para debitur yang merupakan korban bencana letusan Gunung Kelud, misalnya melalui perpanjangan pembayaran kredit.
Â
“Kita lihat ya, tapi kayak di Simalungun Sumut, kami sudah berikan keringanan. Bisa berupa perpanjangan pengembalian dan diskon,” kata dia.
Â
Hal yang sama diungkapkan Direktur Utama Bank Windu Louis Sudarmana. Menurutnya, muncul kekhawatiran akan terjadinya kredit macet di wilayah bencana karena kebanyakan mereka adalah pelaku Usaha Kelas Menengah (UKM).
Â
“Kalau keadaan begini terus, kecenderungannya pasti ada kredit macet. Tapi sejauh ini sih oke-oke saja,” terangnya.(dtc/smr)