Perbankan Beri Tenggang Waktu Pembayaran Kredit

Sabtu, 15 Februari 2014 09:08
BERTUAHPOS.COM, JAKARTA – Perbankan mulai mengantisipasi adanya kredit macet akibat meletusnya Gunung Kelud, di Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Antisipasinya berupa keringanan pembayaran kredit melalui perpanjangan masa kredit. 
 
Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Gatot M. Suwondo mengatakan, bencana letusan Gunung Kelud berpotensi menimbulkan kredit macet.
 
“Kemungkinan pasti ada kredit macet seperti di Kediri dan Jawa Tengah (Yogyakarta) yang terkena imbas abu vulkanik dari Kelud,” ujar Gatot saat ditemui di Gedung BNI, Jakarta, Jumat (14/2/2014).
 
Untuk itu bank berkode BBNI itu bakal memberikan keringanan kepada para debitur yang merupakan korban bencana letusan Gunung Kelud, misalnya melalui perpanjangan pembayaran kredit.
 
“Kita lihat ya, tapi kayak di Simalungun Sumut, kami sudah berikan keringanan. Bisa berupa perpanjangan pengembalian dan diskon,” kata dia.
 
Hal yang sama diungkapkan Direktur Utama Bank Windu Louis Sudarmana. Menurutnya, muncul kekhawatiran akan terjadinya kredit macet di wilayah bencana karena kebanyakan mereka adalah pelaku Usaha Kelas Menengah (UKM).
 
“Kalau keadaan begini terus, kecenderungannya pasti ada kredit macet. Tapi sejauh ini sih oke-oke saja,” terangnya.(dtc/smr)