Pemadaman Litrik Akan Menghambat Pertumbuhan Ekonomi

Jumat, 19 September 2014 14:59

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Belum lagi tuntas masalah asap, Pekanbaru harus dihadapi masalah pemadaman listrik yang hampir terjadi setiap akhir pekan. Hal ini tentu sangat merugikan masyarakat, terutaman di sektor perekonomian.

Seperti dikatakan Kepala Pusat Informasi Pasar Modal (PIPM) Riau, Emon Sulaiman Sabtu (19/09/2014). “Listrik saat ini merupakan infrastruktur yang sangat dibutuhkan. Apalagi sekarang dunia sudah dirubah dengan perkembangan teknologi, dan teknologi tentu tergantung dari listrik. Jadi kalau listriknya yang terganggu tentu membuat rugi masayarakat  dan akan membuat pertumbuhan ekonomi jadi lambat,”paparnya Jum’at(19/09/2014).

Advertisement

Artinya pemadaman listrik oleh PLN akan dapat memperlambat pertumbuhan perekonomian khsusnya di Pekanbaru. Dicontohkan Emon, misalnya sebuah proses produksi menggunakan empat mesin, tetapi karena listrik padam hanya dapat gunakan satu mesin saja karena memakai genset.

“selain itu cost atau harga yang dikeluarkan ketika listrik padam juga sangat besar. Contoh di gedung Surya Dumai, berapa besar cost yang harus mereka kelurkan untuk menghidupkan genset. Kondisi yang sama juga dialami pelaku UMKM,”terangnya.

Baca: Rupiah Berada di Posisi Rp 13.334/USD

Bahkan dengan adanya pemadaman listrik ini dikhawatirkan akan membuat alat-alat elektronik untuk produksi, rentan mengalami keruskan.(yogi)