Pagi ini IHSG Mendekati Angka Tertinggi

Jumat, 23 Januari 2015 11:03

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Indek Harga Saham Gabungan (IHSG) Pagi ini, Jumat (23/01/2015) menguat. Pada pukul 09.25 harga saham mecapai posisi tertinggi yakni 5.304.

Head of Capital Market Information Center Riau, Marketing Divion Emon Sulaeman mengakatakan hal ini perlahan dipengruhi oleh kurangnya ancaman politik dalam negeri. “Ada espektasi inflasi yang turun,” katanya.

Selain itu, Emon menyebutkan bahwa sentimen positif Bank Central Eropa ternyata memberikan pengaruh terhadap pasar Indonesia.

Kenaikan ini secara serentak tidak ada pengaruhnya terhadap harga BBM yang beberapa waktu lalu. Namun efek dari harga BBM ini perlahan ternya menurunkan inflasi.

Baca: THR Cair, Nasabah Ramai-ramai Tebus Emas

“Harga barang memang tidak seligus turun, tetapi dengan adanya komitmen pemerintah menurunkan harga BBM, kemungkinan kedepan inflasi secara bertahap juga akan turun. Ketika inflasi turun, kemungkinan BI juga menurunkan suku bunga. Artinya sejumlah industri yang punya kredit bank beban bungnya semakin kecil. Proyeksinya positif kedepan,” katanya

Ada tahapan penurunan inflasi dari turunnya harga BBM dalam negeri. Namun penurunan tersebut tidak secepat turunya harga BBM, sebab harga pasar tidak bisa di intruksi. Berbeda dengan harga minyak dan gas yang bisa dimonopoli oleh pihak tertentu.

Dihari sebelumnya, Kamis (22/01/2015) IHSG juga menguat, yakni berada diposisi 5.200. Hal ini juga masih dipengaruhi faktor sama.(Melba)

Â
Â