OPD Pemprov Riau Diminta Cepat Realisasikan APBD

Sabtu, 15 Agustus 2020 16:02
OPD Pemprov Riau Diminta Cepat Realisasikan APBD

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Gubernur Riau Syamsuar meminta kepada seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar sesegera mungkin melakukan realisasi anggaran di Satker masing-masing.

Hal ini berkaitan dengan instruksi Presiden yang meminta pada kuartal III, realisasi anggaran di daerah harus bisa dilaksanakan semaksimal mungkin.

Advertisement

Presiden Joko Widodo menekankan realisasi anggaran di masing-masing daerah diharapkan memberikan kontribusi terhadap perbaikan kondisi ekonomi nasional. Hari ini dalam rangka mengantisipasi ancaman resesi akibat Covid-19.

“Kami terus mendorong kepada opd agar mereka sesegera mungkin melaksanakan kegiatan-kegiatan yang sudah ditentukan sesuai dengan kondisi Covid-19 saat ini. Terutama terhadap pengadaan serta belanja barang dan jasa,” katanya.

Baca: Ini Catatan BPK RI untuk Pemprov

Syamsuar menambahkan, berdasarkan laporan yang diterima realisasi anggaran pendapatan belanja daerah hingga kini baru mencapai 47%. Itu berarti angka realisasi belum sesuai dengan target presiden sebesar 50%.

“Laporan terakhir yang kami terima memang baru 5 provinsi yang sudah berhasil melakukan realisasi anggaran di atas 50%. Namun demikian kami akan tetap mengupayakan bagaimana realisasi anggaran bisa terlaksana sesuai dengan target pemerintah pusat,” sambungnya. (bpc2)