Negara Ini Surga Pajak Orang Kaya Amerika

Sabtu, 28 Juni 2014 08:25

BERTUAHPOS.COM, JAKARTA – Amerika Serikat (AS) adalah satu-satunya negara besar yang menerapkan pajak capital gain terhadap aset warganya di seluruh dunia, tidak peduli dimana pun aset mereka berada.

Hantaman krisis ekonomi global yang terjadi lebih dari satu dekade lalu, telah membuat pemerintah Puerto Rico menandatangani undang-undang 18 bulan lalu dan menciptakan surga pajak bagi para warga AS yang kaya.

Advertisement

Jika mereka tinggal di pulau selama setidaknya 183 hari dalam setahun, mereka dapat membayar pajak minimal atau bahkan tidak perlu membayar, tidak seperti di Singapura atau Bermuda, di sana, warga Amerika tidak harus menyerahkan paspor mereka. Pasalnya, Puerto Rico adalah warga negara AS tapi tidak dapat memilih dalam pemilihan federal.

Pajak yang rendah seakan menjadi “Keset Selamat Datang” di Puerto Rico, dan membawa beberapa orang terkaya Amerika datang ke sana. Di Amerika, pajak telah meningkat drastis, setelah 10 tahun tidak mengalami kenaikan di bawah pemerintahan Presiden George W Bush.

Baca: Dollar AS Rp 12 Ribu pun, Ekonomi Masih Stabil

Pada 2012, Presiden Barack Obama mengalahkan Mitt Romney dalam pemilu, dan mulai menyoroti kekayaan para miliarder dan latar belakang ekuitas perusahaan mereka.

“Saya khawatir tentang mentalitas pergeseran antara pemilih, orang-orang cenderung menyerahkan masalah pada orang kaya, pada bisnis, dan pada kapitalisme,” kata mantan calon Senat AS dari Connecticut, Peter Schiff, seperti dilansir dari Businessweek.

“Saya takut bahwa tarif pajak yang sudah tinggi akan menjadi lebih tinggi di tahun-tahun mendatang, mungkin hingga 60 persen atau 70 persen,” tambahnya.

Schiff, yang merupakan broker di Euro Pacific Capital, Westport (Connecticut), memindahkan asetnya senilai USD900 juta dari Newport Beach, California, ke San Juan pada 2013.

Berdasarkan aturan baru Puerto Rico, seorang individu yang pindah ke pulau tersebut, tidak membayar pajak federal, pajak keuntungan modal atau yang biasa di sebut capital gain, adalah suatu keuntungan atau laba yang diperoleh dari investasi dalam surat berharga atau efek saham, obligasi atau dalam bidang properti, dimana nilainya melebihi harga pembelian.

Biasanya, capital gain dikenakan di tempat wajib pajak tinggal, bukan dimana orang tersebut mendapatkan penghasilan, dan tidak ada pajak daerah atas dividen atau pendapatan bunga selama 20 tahun.

Bahkan, seseorang yang di perusahaan lokal, tidak diwajibkan untuk membayar pajak federal AS pada gajinya. Tapi, pindah ke pulau tersebut tidak berarti Anda bebas pajak seutuhnya, warga AS masih harus membayar pajak federal atas dividen atau pendapatan bunga dari perusahaan di Amerika Serikat (AS).

Meski demikian, kepala strategi investasi di teknologi Casey Research, Alex Daley, selisih dana tersebut akan sangat luar biasa, terutama jika mempertimbangkan efek tambahan. Akhir tahun lalu, Daley pindah dari Stowe, Vt, ke Palmas del Mar, sekitar 45 menit dari San Juan.

Katakanlah Anda menempatkan USD100.000 dalam obligasi dengan yield 5 persen dan menginvestasikan dana hasil penjualan setiap tahun. Jika Anda tinggal di Puerto Rico, Anda akan mendapatkan setidaknya USD165.000 dalam dua dekade. Tapi, jika Anda tinggal di California, pajak negara bagian dan federal Anda bisa mengurangi hingga USD64.000.(Okezone)