Mengenal Potensi Investasi Lewat Crowd Funding

Kamis, 03 Juli 2014 14:50
Mengenal Potensi Investasi Lewat Crowd Funding

BERTUAHPOS.COM, Istilah crowd funding mungkin belum terlalu akrab di telinga para investor dalam negeri. Meskipun sudah ada cukup beragam platform di dalam negeri yang menyediakan fasilitas ini, gaungnya belum seperti yang terjadi di Amerika Serikat maupun Jepang.

Istilah crow funding sendiri secara harfiah artinya adalah kegiatan mengumpulkan dana dari khalayak ramai (crowd) untuk membiayai sebuah proyek. Saat ini sebagian besar kegiatan crowd funding dilakukan lewat platform online.

Advertisement

Para pebisnis kecil umumnya memiliki keterbatasan dana untuk menciptakan ide yang mereka miliki. Sementara itu harapan untuk bisa memperoleh bantuan kredit dari bank juga sulit diwujudkan karena berbagai alasan administrasi juga mungkin keterbatasan agunan. Di sinilah crowd funding bisa membantu. Platform crowd funding akan menghubungkan pemilik proyek (pebisnis) dengan masyarakat pengguna internet yang tertarik kepada proyek tersebut dan bersedia menyisihkan dana untuk membiayainya.

Secara umum ada empat tipe crowd funding:

Baca: Masyarakat Pekanbaru Optimis akan ada Perbaikan Pendapatan di 2015 ini

  • Donasi

Dalam crowd funding bertipe donasi ini masyarakat menyumbangkan dana untuk mewujudkan proyek yang dimiliki oleh pemilik proyek tanpa ada harapan pengembalian. Biasanya tipe donasi ini diberikan untuk proyek-proyek terkait kemanusiaan dan amal.

  • Kredit

Dalam tipe ini pemilik bisnis meminjam uang dari khalayak ramai dengan perjanjian untuk mengembalikan pinjamannya. Biasanya ada perjanjian bagi hasil yang jelas antara pemilik proyek dan pemberi pinjaman. Tipe ini mirip dengan pengajuan pinjaman melalui bank, akan tetapi tanpa ada persyaratan yang telalu pelik.

  • Reward

Dalam tipe crowd funding ini pemberi dana bisa menyediakan dana agar pebisnis menciptakan produk atau jasa yang memiliki nilai bagi khalayak yang menyumbang. Contohnya: pengembang software gratis dan riset keilmuan.

  • Equity

Dalam crowd funding tipe ini pebisnis menawarkan saham untuk menarik investor. Tipe crowd funding ekuitas ini mirip dengan pembelian saham di bursa saham di mana investor bisa mengharapkan dividen apabila proyek yang dijalankan sukses dan meraup keuntungan.

Crowd funding ini merupakan hal yang cocok bagi Anda yang ingin mengembangkan portofolio investasi. Tapi tentu saja jika memang Anda mengharapkan memperoleh keuntungan, Anda harus berhati-hati dalam memilik proyek yang Anda biayai. Ada baberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi di sebuah proyek.

  • Due Dilligence

Anda harus menyelidiki baik-baik jenis proyek, siapa pemilik proyek dan potensi proyek.

  • Access

Anda harus memastikan bahwa anda memiliki akses untuk memantau progress dari proyek yang anda biayai.

  • Selective

Anda harus memastikan track record pemilik proyek harus bisa dipercaya

  • Pilih platform yang terpercaya

Di samping pemilik proyek, anda juga harus meneliti platform tempat anda memilih proyek. Beberapa platform sudah melakukan penyaringan awal untuk proyek-proyek yang ada di situs mereka, tetapi ada baiknya anda selalu cek dan ricek.(Vibisnews)

Berita Terkini

Jumat, 30 Oktober 2020 13:31

Berusaha Gaet Investor, Riau Tawarkan Sawit, Sagu dan Kelapa, Ada yang Minat?

#investasi #perkebunan #sawit #sagu #kelapa

Jumat, 30 Oktober 2020 13:02

Usai Karhutla Riau Siap-siap Banjir, Ini Kata Kepala BPBD

#banjir #banjirriau #bpbd

Jumat, 30 Oktober 2020 12:16

Semangat Membangun Perempuan Loteng untuk Maju, Aktif dan Produktif, Inilah Sosok Lale Prayatni?

#perempuan #lomboktengah #pilkada2020

Jumat, 30 Oktober 2020 11:52

Begini Cara Ibu-ibu di Desa Pebaun Cegah Penularan Covid-19

#baktisosial #desapebaun #covid-19

Jumat, 30 Oktober 2020 11:41

Abu Bakar Tak Mendapatkan Gaji Saat Menjadi Khalifah

#ABUBAKAR

Jumat, 30 Oktober 2020 11:32

Soal Amdal PT RAPP, Jikalahari Nilai Kadis LHK Riau Langgar UU 32 Tahun 2009

#amdal #rapp #kadislhkriau