Mau Hemat? Mungkin ini Bisa Anda Coba

Minggu, 05 April 2015 12:59
Mau Hemat? Mungkin ini Bisa Anda Coba

BERTUAHPOS.COM – Melakukan penghematan tentu sangat di perlukan. Apalagi bila kondisi keuangan dan harga-harga bahan mengalami kenaikan. Lantas bagaimana caranya untuk melakukan penghematan?

Mungkin Anda pernah mencoba cara out of the box untuk menghemat anggaran? Anda bisa mengikuti sejumlah langkah berikut untuk menjaga pengeluaran, seperti dikutip dari laman wisebread, Minggu (5/4/2015).

Advertisement

1. Hidup dengan Lima Kata Ini

Salah satu langkah sederhana menyimpan uang cukup sederhana yaitu mengurangi pengeluaran. Akan tetapi mengatakan lebih mudah ketimbang pelaksanaannya. Untuk mencapai tujuan Anda menjaga pengeluaran setiap minggu,  Anda bisa menghindari jebakan konsumsi dengan membawa catatan yang dibutuhkan.

Baca: Nelayan Ini Ciptakan Alat Konversi BBM ke Gas

Cara menjaga pengeluaran dengan menggunakan lima kata ini: apakah saya membutuhkan barang ini kemarin? Meski barang kecil akan tetapi dapat juga menghabiskan dana.

Jadi sebelum membeli sesuatu yang di luar kebiasaan atau sesuatu yang tidak penting, maka Anda bisa menanyakan ini kepada diri sendiri, apakah Anda membutuhkan barang ini kemarin?

2. Mencoba Sebuah Tantangan

Kadang tips menyimpan uang bisa membosankan. Mengapa tidak mencoba sesuatu yang dapat membangkitkan semangat dengan sebuah tantangan yang menyenangkan?

Salah satu yang dilakukan dengan membuat tantangan bersama keluarga Anda dengan mencoba tidak menghabiskan dana dalam 30 hari.

3. Makan Malam di Rumah

Salah satu menghemat uang bisa dengan makan malam di rumah. Kadang kita tergoda menghabiskan uang untuk makan malam di luar bersama teman-teman. Kenapa tidak makan malam di rumah sehingga juga dapat menghemat uang. Tak hanya hemat tetapi juga lebih sehat.

4. Menggunakan Bahan Alami untuk Produk Kecantikan

Kadang bahan-bahan alami di sekitar kita dapat digunakan untuk produk kecantikan. Bahan-bahan alami seperti minyak kelapa, sari lidah buaya dapat digunakan untuk kecantikan. Dengan menggunakan bahan alami itu juga bisa menghemat anggaran untuk produk kecantikan Anda.

5. Menghabiskan Dana untuk Liburan Hemat

Anda bisa menghabiskan uang untuk liburan secara reguler tanpa harus menghamburkan uang. Anda bersama keluarga bisa mengunjungi museum, bermain ke taman dan mengunjungi kegiatan menarik lain yang sedang digelar di kota Anda.

6. Memanfaatkan Diskon Jasa

Salah satu cara mengirit uang setiap bulan dengan meminta diskon atau menghasilkan negosiasi terbaik dari biasa Anda berlangganan mulai dari tv kabel, air, dan lainnya.

7. Menyewakan Kamar di Rumah

Bila Anda memiliki kamar yang banyak di rumah, atau memiliki rumah lebih dari satu maka menyewakannya dapat menjadi pilihan untuk menghasilkan uang. Tak hanya itu, bila Anda memiliki sisa kamar kosong maka Anda dapat menyewakannya kepada orang tepat. Ini jadi cara untuk mengurangi biaya sewa. (mj/liputan6)

Berita Terkini

Senin, 18 Januari 2021 17:31

Reaksi Pemprov Riau Soal SE Menkeu Terkait Refocusing dan Realokasi Anggaran

#Anggaran #APBD #Riau #Finance

Senin, 18 Januari 2021 16:55

Jokowi Sebut Pengusaha Besar ‘Tak Boleh Egois’

#umkm #Jokowi #bisnis

Senin, 18 Januari 2021 16:33

Riau Gandeng SKA Promosikan UMKM

#UMKM #PromosiUMKM #Riau #Bisnis

Senin, 18 Januari 2021 15:36

Ekspor CPO Riau dan Turunannya Dongkrak Pendapatan Bea Keluar Negara

#CPO #BeaCukai #BeaKeluar

Senin, 18 Januari 2021 15:01

Hujan Sambut Kunker Jokowi ke Kalsel

#JOKOWI

Senin, 18 Januari 2021 14:39

Telkomsel Gelar Program IndonesiaNEXT 2020/21 Di Sumatera

#TELKOMSEL

Senin, 18 Januari 2021 14:34

Sektor Perikanan Diyakini Akan Angkat Ekonomi Nasional

#perikanan #kelautan #regional

Senin, 18 Januari 2021 13:54

Posko Peduli Bencana ACT Riau Siap Salurkan Donasi Dermawan

#ACTRiau #sosial #bencana #komunitas