Mahalnya Tarif RS Swasta Akibat Tingginya Nilai Investasi

Rabu, 18 Juni 2014 16:35

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Masyarakat masih saja mengeluh terhadap tarif Rumah Sakit Swasta di Pekanbaru yang dirasa menguras kantong.Sehingga banyak pasien yang kelas menengah ke bawah merasa terbebani d’   engan biaya mahal.

“Jika dibandingkan Rumah Sakit Swasta dengan RS pemerintah,tentu lebih mahal milik swasta. Hal itu tergantung nilai investasi terhadap rumah sakit tersebut,” ujar praktisi kesehatan dr Abdullah Qayyum kepada bertuahpos.com, Rabu (18/06/2014).

Dari pengamatannya saat ini, tarif Rumah Sakit Swasta yang ada di Pekanbaru lebih kompetitif. “Jadi tetap bila dibandingkan swasta dengan yang lain berbeda tapi selisihnya tidak jauh. Tergantung nilai investasinya,” sebutnya.

Selain itu besaran tarif tentu sudah disesuaikan dengan aturan main yang ada. Tergantung mutu pelayanan terhadap pasien yang diberikan dari masing-masing. Karena ada ragam faktor yang menyebabkan tarif rumah sakit menjadi mahal. “Ada beberapa faktor, seperti mungkin investasinya lebih mahal atau fasilitas yang digunakan lebih canggih dan tingkat pelayanan dan teknologi yang digunakan,” paparnya.

Baca: HM Wardan: Secara Bersama Wujudkan Program yang Telah

Selain itu dengan semakin banyak rumah sakit yang tergabung dalam BPJS tentu akan mempermudah masyarakat tergolong ekonomi kelas menengah ke bawah untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik. Sehingga rumah sakit swasta tidak lagi mengejar bisnis oriented semata sebab punya tanggungjawab sosial. (riki)