Kurs Rupiah terhadap Dollar Menguat Tipis Di Tengah Minimnya Arahan Dalam Negeri

Selasa, 19 Agustus 2014 11:52

BERTUAHPOS.COM, Pada perdagangan hari ini nilai tukar rupiah terhadap dollar AS mengalami pergerakan yang terbatas (19/8). Rupiah mengalami peningkatan tipis saja di perdagangan Selasa pagi ini. Sementara itu minimnya arahan dari dalam negeri juga membuat pergerakan mata uang ini relatif santai terhadap rival utamanya tersebut.

Sebagian besar pelaku pasar memilih untuk menahan diri tanpa adanya data baru yang dapat menggerakkan rupiah ke area positif. Hingga saat ini yang masih dijadikan acuan pelaku pasar adalah pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, terutama terkait dengan perkiraan asumsi nilai rupiah di level Rp11.900 per dolar AS, tampaknya ditanggapi negatif karena dinilai lebih rendah dalam RAPBN 2015 dan bahkan jauh lebih rendah dari asumsi APBN 2014 sebesar Rp10.500 per dolar AS.

Pasar juga masih menantikan penetapan putusan gugatan pemilihan umum presiden di Mahkamah Konstitusi.

Rupiah mengalami penurunan yang terbatas. Nilai tukar rupiah ditransaksikan pada posisi 11683 per dollar AS. Rupiah mengalami kenaikan tipis sebesar 3 poin atau setara dengan 0.03 persen.

Baca: HARGA KARET: Cetak Harga Terendah 6 Bulan Terakhir

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami kondisi yang melemah. Nilai tukar rupiah hari ini berpotensi bergerak pada kisaran 11650 – 11700 per dollar AS.(Vibisnew)