Harganya Murah, Kaum Milenial Bisa Beli ORI – 017

Rabu, 17 Juni 2020 17:56
Harganya Murah, Kaum Milenial Bisa Beli ORI – 017

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemerintah secara resmi telah mengeluarkan Obligasi Ritel Indonesia (ORI) seri 017. ORI – 017 dibuat lebih fleksibel dengan menyasar semua segmen bahkan kaum milenial.

Menurut Most Adviser Mandiri Sekuritas Pekanbaru, Rika Pratiwi, ORI – 017 bisa dibeli dari harga Rp1 juta – Rp3 miliar. Rentang harga yang ditetapkan ini sangat memungkinkan bagi kaum milenial untuk memiliki ORI – 017.

Advertisement

“Syaratnya juga mudah, secara umum cukup punya KTP dan NPWP juga sudah bisa memiliki ORI – 017,” katanya dalam wawancara bersama dengan Kepala BEI Riau Emon Sulaeman dalam live Instagram @idx_riau, Rabu, 17 Juni 2020.

Rika Pratiwi menjelaskan membeli ORI sama dengan membantu pendanaan negara. Sebab dana tersebut akan dipakai untuk pembangunan dan penanganan COVID-19 di Tanah Air.

Baca: Seni Menabung Ala Jepang, Supaya Tak “Menangis” di Tanggal Tua

“Dengan membeli ORI, sama artinya negara meminjam uang ke kita dan kita sebagai pihak yang memberikan pinjaman diberi bunga (keuntungan). Jadi, dengan membeli ORI, sama dengan kita berkontribusi terhadap negara,” jelasnya.

Dia menambahkan, untuk ORI-017, bunga yang didapat sekitar 6,4% pertahun. Bunga ini, dijelaskannya jauh lebih tinggi dari pada bunga deposito.

Selain itu, keuntungan lain, yakni pajak yang dibebankan juga jauh lebih ringan jika dibandingkan pajak deposito. Jika pajak deposito dibebankan sebesar 20%, kalau pajak untuk ORI-017 hanya 15% saja.

“Perbayaran bunganya dilakukan per bulan. ORI tentunya lebih punya sistem keamanan yang lebih bagus dan terjamin, sebab negara langusung yang akan memberikan jaminan keamanan itu,” ungkap Rika Pratiwi.

Kapan waktu pembelian?

Rika Pratiwi mengatakan penawaran untuk ORI – 017 sudah dibuka sejak tanggal 15 Juni – 09 Juli 2020. Dalam rentang waktu ini setiap investor sudah bisa membeli ORI – 017.

“ORI – 017 juga dititip ke perusahaan-perusahaan sekuritas dan perbankan. Jika dalam rentang waktu penawaran masih ada kuota, maka investor bisa membelinya dengan menggunakan jasa sekuritas. Tapi kalau kuota sudah habis, ya penawaran juga ditutup,” ujarnya.

Untuk di Mandiri sendiri, kata Rika, ORI – 017 bisa dibeli secara online melalui oplikasi Mandiri Sekuritas. Semua proses dan transaksi bisa dilakukan via digital dengan catatat harus melakukan registrasi di Mandiri Sekuritas.

“Di Bank Mandirinya juga bisa, tapi prosesnya manual. Kalau jumlah kuota untuk semua sekuritas saya kurang tahu, tapi yang jelas di Mandiri tersedia,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala BEI Riau Emon Sulaeman mengungkapkan bahwa ORI – 017 merupakan produk obligasi ritel terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah. 017 merupakan penanda bahwa pemerintah sudah menerbitkan obligasi ritel sebanyak 17 kali.

“Jika dilihat dari rentang harganya yang bisa dibeli dengan nominal Rp1 juta, saya rasa ORI – 017 sangat cocok untuk investor milenial, dan investor konservatif — pemula yang baru tertarik dengan investasi,” ujarnya.

(bpc3)

 

Berita Terkini

Selasa, 27 Oktober 2020 10:32

Kemenag Riau Serukan Masjid Kembali Terapkan Protokol Kesehatan

#protokolkesehatan

Selasa, 27 Oktober 2020 08:10

Jangan Sepelekan Percikan Kencing

#ISLAMPEDIA

Selasa, 27 Oktober 2020 06:32

Saat Cuti Bersama, Riau Perketat Izin Pegawai Keluar Daerah

#cutibersama #liburpanjang #asnriau

Selasa, 27 Oktober 2020 05:32

Tugas Tim Kesehatan di Posko Cek Poin, Faskes Terdekat Tetap Dikoordinasikan

posko cek poin, kesehatan, libur panjang, cuti bersama

Selasa, 27 Oktober 2020 04:31

Tumpang Tindih Kewenangan Pusat dan Daerah, UU Cipta Kerja Perlu Segera Disingkronisasi

#uuciptaker, #kewenangan #pusatdan daerah