Ini Tips untuk Para Wanita yang Jadi ‘Menteri Keuangan’ Keluarga

Jumat, 11 Oktober 2013 02:52
Ini Tips untuk Para Wanita yang Jadi ‘Menteri Keuangan’ Keluarga

BERTUAHPOS.COM – Jika pria menjadi seorang kepala keluarga maka wanita akan menjadi kasir sekaligus ‘Menteri Keuangan’ bagi keluarga. Apa sih keunggulan menjadi wanita? Banyak!

Wanita akan menentukan anggaran belanja keluarga. Dengan keleluasaan itu artinya wanita memiliki andil yang besar buat mewujudkan mimpi keluarga.

“Caranya ada banyak dan tidak harus mengencangkan ikat pinggang. Kuncinya adalah kemampuan kita membagi porsi sesuai anggaran dan prioritas,” kata Assistant Vice President Head of Investment, Bancassurance, and Treasury Products Commonwealth Bank Indonesia, Rheza Karyanto kepada detikFinance, Jumat (11/10/2013)

Rheza memaparkan, tipsnya menggunakan rumus pembagian 3 jurus anggaran 50-30-20. Seperti apa itu?

Baca: Terhimpun Rp16 M dengan 59 Ribu Akun, BRK Sebut Potensi Simpel di Riau Besar

Porsi 50% dari pendapatan bulanan

Gunakan untuk pengeluaran wajib dan fleksibel. Pengeluaran wajib contohnya: cicilan rumah, asuransi, pajak, biaya listrik, dan air. Pengeluaran fleksibel adalah pengeluaran yang bisa dinegosiasikan oleh kita sendiri, misalnya: tagihan kartu kredit, tagihan biaya telepon, biaya transportasi, makan, sekolah anak, dan bantuan keuangan untuk orangtua.

nvestasikan dana minimal 30% dari pendapatan di awal dan bukan sisa dari pengeluaran lainnya. Artinya, di saat kita menerima gaji, segera sisihkan 30% paling sedikit untuk ditabung dan investasi. Inilah kunci utamanya untuk mewujudkan impian keluarga, gunakan hasilnya untuk dana pendidikan anak, dana liburan ke luar negeri atau umroh, dan lainnya.

Porsi 20% dari pendapatan bulanan

Pengeluaran ini mencakup biaya untuk rekreasi seperti jalan-jalan, belanja baju, dan entertainment lainnya. Pengeluaran ini bisa diatur sesuai kebutuhan dan bahkan dihilangkan karena sifatnya yang “hura-hura”.

“Jika sudah tahu strateginya, ada satu hal yang tak kalah pentingnya yaitu disiplin. Patuhi budget yang sudah ditentukan sehingga mimpi keluarga terwujud satu per satu, dan tentunya dapat peluk cium dari buah hati,” ungkap Rheza.(detik.com)