Ini Dia Tips Mengelola dan Menggunakan Harta Warisan

Senin, 13 Januari 2014 15:04

BERTUAHPOS.COM, Jakarta – Orang kerap bingung ketika memperoleh harta warisan atau kekayaan dalam jumlah besar. Apa yang biasa dilakukan ketika suatu saat Anda memperoleh warisan?

Bisa saja menghabiskannya untuk membeli mobil mewah atau jalan keliling dunia tanpa berpikir harta tersebut akan habis dengan sia-sia. Namun ada tips untuk mengelola warisan agar tetap bermanfaat bagi kehidupan anda kelak.

Seperti dirangkum oleh detikFinance dari CNBC, Senin (13/1/2014). Setidaknya terdapat tips mengelola harta warisan sebelum dan setelah diperoleh. Berikut ini tipsnya.

1. Membuat Perencanaan
Saat atau sebelum memperoleh harta warisan, sebaiknya Anda membuat perencanaan. Perencanaan ini diperlukan agar mengetahui cara memanfaatkan warisan yang diperoleh. Dengan perencanaan yang baik, warisan seperti uang bisa digunakan dengan bijak dan tidak salah dalam memanfaatkannya.

Baca: 3 Pekan Ramadan, Jumlah Zakat Mal di Baznas Pekanbaru Mencapai Rp270 Juta

2. Hindari Keputusan Tiba-Tiba
Saat memperoleh warisan, Anda bisa menyimpannya terlebih dahulu. Jangan langsung keluar dari pekerjaan kemudian membeli berbagai properti dan menggunakan harta warisan untuk bersenang-senang bersama keluarga atau teman. Sebaiknya anda menempatkan uang atau warisan yang diperoleh itu dalam bentuk investasi sehingga tidak digunakan untuk hal yang bersifat tiba-tiba.

3. Kapan Harus Menggunakan Harta Warisan
Ketika memperoleh harta warisan, terbesit di pikiran untuk segera melunasi utang yang dimiliki. Namun tunggu dulu. Sebaiknya Anda harus memperhatikan rencana secara seksama dalam penggunaan warisan. Ada baiknya gunakan warisan yang diperoleh untuk ditabung, investasi atau untuk pengeluaran yang terencana.

4. Komunikasikan Dengan Keluarga
Ketika Anda memperoleh harta warisan. Kondisi Anda telah berkeluarga dan memiliki anak. Meski warisan telah menjadi milik Anda dan telah direncanakan penggunaannya.

Pastikan Anda mengkomunikasikan secara bijak harta warisan yang diperoleh kepada keluarga. Anda bisa meminta masukan atau tidak dari keluarga tentang harta warisan yang diperoleh. Apapun keputusan yang anda ambil, pastikan harapan yang dituju memiliki maksud yang jelas.

5. Investasi Untuk Masa Depan
Ketika memperoleh warisan, pasti Anda ingin menginvestasikan sebagian dari harta warisan yang diperoleh. Langkah ini dilakukan untuk mengamankan warisan dari dampak inflasi atau risiko.

Investasi juga diambil untuk mengamankan aset atau memperoleh pendaptan lebih dari harta warisan. Untuk rencana investasi ini, penasehat investasi bisa membantu Anda untuk merencanakan pemanfaatan warisan.

6. Menghindari Pemborosan
Saat memperoleh harta warisan, sebaiknya anda menghindari pemborosan yang berlebihan. Seperti penggunaan kartu kredit yang berlebihan sehingga memicu membengkaknya tagihan dan bunga kartu kredit. Kemampuan mengelola keuangan di sini sangat penting. Sebaiknya Anda mengalokasikan dana khusus untuk kebutuhan mendadak atau mendesak seperti saat anda sakit.

7. Alokasikan Dana Hiburan
Memperoleh warisan tidak mutlak 100% harus digunakan untuk investasi. Alokasikan sedikit dana untuk sesuatu yang bermanfaat atau menyenangkan bagi diri Anda.

Anda bisa mengambil paket liburan bersama keluarga atau sekedar mengikuti kursus musik. Memanfaatkan sedikit harta warisan untuk aktivitas yang sesuai dengan minat, cukup direkomendasikan.

8. Lakukan Pembicaraan Dengan Keluarga
Ketika orang tua atau nenek Anda masih hidup. Namun suatu ketika mereka akan mewariskan harta ke Anda. Pastikan ada pembicaraan mengenai harta warisan tersebut.

Ketika mereka enggan membicarakannya. Setidaknya Anda telah memiliki rencana untuk memanfaatkan harta warisan tersebut dengan baik kelak.

9. Menciptakan Kenangan
Saat Anda memperoleh warisan dari keluarga. Anda bisa melakukan pembicaraan dengan orang tua atau keluarga yang lebih tua. Anda bisa membicarakan penggunaan warisan yang diperoleh seperti untuk kegiatan amal.

Mungkin keluarga Anda aktif dalam bidang sosial karena masuk golongan keluarga kaya. Anda bisa terlibat dalam gerakan tersebut. Sehingga penggunaan harta warisan bisa dikenang.(detik.com)