Ini Dia Ciri-ciri Uang NKRI

Jumat, 15 Agustus 2014 15:55
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Tepat tanggal 17 Agustus 2014 mendatang, warga Pekanbaru bisa melihat langsung uang baru pecahan Rp 100 ribu. Meskipun sekilas tampak sama dengan seri sebelumnya, tetapi ada beberapa perbedaan untuk uang emisi 2014 ini.

Berikut perbedaan yang dipaparkan oleh kepala Bank Indonesia (BI) Pekanbaru, Mahdi Muhammad dalam konferensi pers, Jum’at(15/08/2014).
 

“Bahan yang digunakan beruppa bahan kertas khusus dari serat kapas. Dengan dimensi 151 mm x 65 mm, uang ini tetap dengan warna dominan merah dan gambar utama masih tokoh proklamasi pada bagian muka. Namun ada penambahan gelar, Dr. (H.C) Ir Soekarno dan Dr. (H.C) Drs Mohammad Hatta. Sedangkan pada bagian belakang adalah gambar gedung MPR/DPR/DPD,” paparnya.
 

Dan apabila dilihat dari sudut tertentu akan terlihat perbedaan warna atau gambar pada beberapa elemen yaitu Colour Shifting Ink, Rainbow Effect, Latent Image, dan benang pengamanan.
 
Selanjutnya apabila diraba pada beberapa bagian cetakkan akan terasa kasar,  apabila diterawang akan terlihat gambar logo BI yang saling mengisi (rectoverso) serta gambar pahlawan dan ornamen pada area Tanda Air.
 

Apabila disinari lampu Ultra Violet, beberapa elemen baik tampak maupun tidak tampak akan terlihat memendar, dan Apabila menggunakan kaca pembesar, akan terlihat susunan teks yang mempunyai perbedaan ketebalan dan ukuran huruf.(yogi)