Inggris Akan Ganti Uang Kertas Dengan Uang Plastik

Sabtu, 14 September 2013 13:28
BERTUAHPOS, LONDON – Bank sentral AS berencana mengganti uang kertasnya dengan uang plastik yang lebih kecil dan mudah dibersihkan. Rencananya uang plastik ini akan mulai meluncur 2016.
 
Seperti dikutip dari BBC, Sabtu (14/9/2013), uang ini terbuat dari plastik polimer. Bahan ini dinilai aman atau tak mudah dipalsukan, serta tidak akan hancur bila ikut tercuci.
 
Bank sentral Inggris telah menghabiskan 3 tahun meneliti dampak perubahan uang dari kertas ke plastik. Untuk awal, pengunaan uang plastik akan dipakai pada pecahan 5 poundsterling yang menampilkan gambar Sir Winston Churchill, lalu disusul pecahan 10 poundsterling.
 
Akan ada kampanye dari Bank of England untuk mencari tanggaan masyarakat soal peralihan uang kertas ke plastik. Keputusan pergantian uang kertas ke plastik akan ditentukan Desember akhir tahun nanti.
 
Uang kertas Inggris sekarang terbuat dari serat katun dan linen, dengan daya tahan hanya satu tahun. Lembaran uang yang rusak atau terlalu kusam akan dihancurkan untuk kompos.
 
Mata uang plastik yang akan diperkenalkan ini sangat tipis, transparan, dan fleksibel. Uang ini akan dilapisi tinta khusus untuk mencegah pemalsuan.
 
 
(detikcom)