Hingga 2015, Bunga Deposito Sulit Turun

Senin, 09 Juni 2014 14:58

BERTUAHPOS.COM, JAKARTA – Suku bunga simpanan berjangka (deposito) diperkirakan sulit turun hingga tahun depan. Pasalnya, pada 2015 Bank Indonesia (BI) diperkirakan akan menaikkan suku bunga acuannya hingga 50 bps menjadi 8% seiring dengan persiapan menghadapi kenaikan suku bunga acuan bank sentral Amerika Serikat, the federal funds rate.

Berdasarkan data uang beredar Bank Indonesia April 2014, masih terjadi kenaikan pada suku bunga simpanan berjangka baik pada simpanan dengan jangka waktu satu bulan hingga satu tahun. Adapun suku bunga simpanan 1, 3, 6, dan 12 bulan pada April 2014 tercatat sebesar 8,1%, 8,35%, 8,44%, dan 7,8% meningkat dibandingkan Maret 2014 yang masing-masing tercatat 7,98%, 8,27%, 8,24%, dan 7,41%.

Ekonom Standard Chartered Bank Indonesia Eric Sugandi menuturkan, masih terjadinya peningkatan suku bunga simpanan menunjukkan likuiditas di perbankan masih ketat. Dia pun memperkirakan suku bunga simpanan kemungkinan tidak akan menurun hingga tahun depan.

“Untuk sementara saya tidak lihat akan terjadi penurunan pada suku bunga simpanan. Kemungkinan bisa saja flat, tapi tidak turun. Karena sekarang juga ‘kan masih terjadi perang suku bunga antarbank,” ujar Eric, akhir pekan lalu.

Baca: Gerak IHSG Masih Ceria Menuju Akhir Pekan

Menurut dia, pihaknya memperkirakan BI akan mempertahankan suku bunga acuannya hingga awal tahun depan. BI kemungkinan baru akan menaikkan BI rate sebesar 50 bps pada kuartal II tahun depan sebagai persiapan dinaikkannya suku bunga acuan bank sentral Amerika Serikat. “Biasanya ‘kan untuk suku bunga simpanan itu price in-nya lebih cepat, bahkan sebelum BI rate meningkat,” terang dia.(Investordailly)