Genjot PAD, Dewan Pelelawan Ingatkan SKPD untuk Jemput Bola ke Lapangan

Rabu, 12 November 2014 13:14

BERTUAHPOS. COM, PANGKALAN KERINCI – Sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang memiliki sumber penerimaan untuk pendapatan asli daerah (PAD), dinilai tak memberikan peningkatan hasil yang signifikan. Karena itu Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pelalawan mengingatkan mereka untuk lebih giat dalam menggarap potensi yang ada.

Hal ini diungkapkan dalam pertemuan di lantai 3 Ruang Rapat DPRD Pelalawan di Pangkalan Kerinci, Selasa (11/11/2014). Pertemuan ini melibatkan beberapa pejabat SKPD Pelelawan dan dipimpin Ketua DPRD Pelalawan Nasarrudin SH MH serta Sekdakab Pelalawan Drs Tengku Mukhlis MSi bersama anggota Komisi 1 dan Tim Banggar DPRD Pelalawan.
 

Advertisement
Dalam pemaparan tersebut, Ketua DPRD dan anggota Banggar DPRD meminta kepada SKPD untuk dapat meningkatkan penghasilannya. Mereka juga menilai tidak ada peningkatan yang signifikan pada penerimaan di tahun 2015, karena tidak ada upaya SKPD untuk melakukan penggalian potensi yang ada.
 
Artinya sejumlah SKPD hanya menggarap potensi penerimaan di ibu kota kabupaten saja yakni di Kecamatan Pangkalan Kerinci. Sementara kecamatan lain seperti Seikijang, Pangkalan Kuras dan Ukui masih belum tergarap.
 

“Ini tidak bisa dibiarkan, semua Satker harus bekerja, mereka semua harus mampu menggenjot sekaligus menggali potensi sumber penerimaan retribusi kita. Jadi,  jangan hanya menunggu di kantor, mereka harus menjemput sumber penerimaan itu ke lapangan,” terangnya.

Nasar menambahkan, bahwa selain retribusi yang harus ditingkatkan, ada banyak sumber lain yang perlu di garap seperti pembayaran pajak Bumi dan Bangunan, Pajak kendaraan bermotor khususnya upaya Dinas perhubungan bersama Samsat untuk melakukan penertiban plat nomor non BM supaya dilakukan Bea Balik Nomor Kendaraan Bermotor (BBNKB-). Dengan begitu, maka pajak kendaraan tidak lagi dibayarkan ke Daerah asal kendaraan tersebut.
 

Baca: Irvandi Gustari: Dalam Transformasi BPD, Banyak Yang Perlu Dicontoh Dari BPD Jerman

“Jadi, pada intinya, DPRD meminta kepada seluruh SKPD harus mampu bekerja maksimal untuk menggali potensi yang Ada Dan belum tergarap. Sehingga dengan demikian, maka akan berdampak pada setoran PAD yang akan mengalami peningkatan,”tutupnya.
 
Rapat diikuti oleh para pejabat SKPD yang memiliki sumber penerimaan untuk PAD. Diantaranya Badan Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMP2T), Dishubkominfo, Rumah Sakit Umum Daerah, Dinas Kesehatan, Dinas Pendapatan, Bappeda, Dinas Pertamanan, Kebersihan dan Tata Kota dan  Bagian Umum. (maulana)