Distribusi Pangan Jadi Kunci Tekan Inflasi Agustus di Bawah 1%

Selasa, 13 Agustus 2013 06:29
Distribusi Pangan Jadi Kunci Tekan Inflasi Agustus di Bawah 1%
BERTUAHPOS, JAKARTA –  Bank Indonesia menyatakan distribusi pangan menjadi kunci guna mengejar target inflasi bulanan di bawah 1% pada Agustus 2013.
Â
Agus Martowardojo, Gubernur Bank Indonesia (BI), mengatakan distribusi pangan menjadi tantangan setelah pemerintah meningkatkan pasokan barang dengan berbagai cara, termasuk membuka keran impor.
Â
 “Ini suatu tantangan yang tidak sederharna. Kami harapkan masalah distribusi, masalah ketersediaan pangan, dan masalah biaya pendidikan tahun ajaran baru bisa dikendalikan sehingga inflasi tetap bisa di bawah 1%,” ujarnya Senin, (12/8/2013).
Â
Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan laju inflasi bulanan pada Juli 2013 sebesar 3,29% akibat lonjakan beberapa komoditas sebagai dampak kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi, tahun ajaran baru dan bulan Puasa.
Â
Secara tahunan (year on year), laju Inflasi Juli tercatat 8,61%. Adapun, laju inflasi tahun kalender (year to date) sampai dengan Juli 6,75%.
Â
Perry Warjiyo, Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), optimistis laju inflasi Agustus akan melandai dibandingkan dengan bulan sebelumnya.
Â
“Kami yakin Inflasi Agustus akan kembali turun dan rendah, yakni sekitar 0,9%. Inflasi akan kembali normal mulai September nanti,” ujarnya.
Â
(bisnis.com)